Pertalite Uji Pasar di Malang Raya

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 10:52 WIB
Pertalite Uji Pasar di Malang Raya
Pertalite Uji Pasar di Malang Raya
A A A
MALANG - Uji coba pemasaran pertalite, bahan bakar minyak buatan PT Pertamina, sudah menyasar konsumen di Malang Raya. Satu dari 12 SPBU yang melayani pembelian pertalite adalah SPBU Dirgantara, Malang.

Peluncuran uji pasar ini langsung dihadiri Manajer Pemasaran PT Pertamina Ahmad Bambang. Menurut dia, pertalite memiliki banyak keunggulan dibandingkan premium. Salah satu keunggulannya, pertalite merupakan jenis Ron 90. Dibandingkan premium, pertalite lebih efisien karena premium berjenis Ron 88.

Apalagi, pertalite sangat dibutuhkan sekitar 70% mobil di Indonesia karena seharusnya menggunakan BBM berjenis Ron 90. “Pertalite juga sangat ramah lingkungan,” ungkapnya kemarin. Pasar di Indonesia menyambut baik uji pemasaran pertalite ini.

Hal itu dibuktikan dengan tingginya permintaan masyarakat. Saat ini sebenarnya masih dalam tahap uji coba, tetapi sudah banyak daerah yang meminta dibuka layanan pertalite. Di wilayah Jawa Timur dan Bali, pada awalnya ditargetkan selama dua bulan hanya 33 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang menyediakan pertalite.

Namun, baru memasuki pekan ketiga bulan pertama uji coba, sudah ada 124 SPBU yang membuka layanan penjualan pertalite. Ahmad mengaku, dengan potensi yang besar ini, diyakini hingga akhir tahun ini target membuka layanan penjualan pertalite sebanyak 1.250 di Pulau Jawa dan Bali mampu terlampaui.

Saat ini selama masa uji coba, pasokan pertalite di wilayah Bali sudah mencapai 3.000 liter/ hari, sedangkan di Jakarta mencapai 14.000 liter/hari. “Jumlah pasokan tidak kami batasi karena pertalite bukan BBM bersubsidi. Jadi, berapa pun permintaan pasar, akan kami penuhi,” tandasnya.

Hadirnya pertalite mampu mengurangi penjualan premium hingga mencapai 12%. Sementara, dampak pengurangan terhadap penjualan Pertamax, hanya 1%. General Manager Operation Region V PT Pertamina Ageng Giriono menyatakan, wilayah Malang Raya menjadi target pemasaran pertalite karena kota ini sangat menawan dan banyak dikunjungi masyarakat berbagai daerah, termasuk Surabaya.

Di wilayah Malang Raya, Pertamina menyuplai Pertalite ke 12 SPBU. “Untuk wilayah kerja Region V, yang meliputi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, ditargetkan akan ada 300 SPBU hingga akhir tahun. Saat ini sudah tercapai sekitar 50%,” ujarnya.

Yuswantoro
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7476 seconds (0.1#10.140)