Ribuan Calhaj Ikuti Manasik Haji

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 11:14 WIB
Ribuan Calhaj Ikuti Manasik Haji
Ribuan Calhaj Ikuti Manasik Haji
A A A
BOJONEGORO - Panitia Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro menggenjot ribuan calon jamaah haji (calhaj) asal Bojonegoro yang akan berangkat tahun ini dengan manasik.

Hal itu dilakukan karena mepetnya waktu pemberangkatan CJH asal Bojonegoro. “Waktu kita mepet sekali sehingga kita genjot untuk melakukan manasik,” ujar Kasi Penyelenggara haji Kemenag Bojonegoro Wakhid Priyono. Total calhaj asal Bojonegoro tahun ini yang akan berangkat ke Tanah Suci sebanyak 1.115 orang. Namun, jadwal keberangkatan bagi ribuan calhaj itu belum dipastikan karena masih menunggu undian dari Kemenag Jawa Timur (Jatim).

“Perkiraan kami pada 6-7 September mendatang,” ujarnya. Dia mengakui, persiapan pemberangkatan jamaah haji asal Bojonegoro ini sangat mepet. Hal itu disebabkan majunya bulan puasa beberapa waktu lalu. Berbeda dengan tahun lalu yang persiapannya tidak tergesa-gesa. “Tahun lalu manasik dan lain-lain kita lakukan sebelum puasa, kalau tahun ini bulan puasa masih pada proses administrasi,” paparnya.

Meski persiapan menjelang pemberangkatan terkesan terburu- buru, dia tetap optimistis ribuan calhaj asal Bojonegoro itu akan berangkat ke Tanah Suci dengan lancar. Ribuan calhaj itu sudah melunasi administrasi dan lain sebagainya, tinggal pelaksanaan pemberangkatan. “Awalnya 1.116 orang, tetapi kemarin ada satu calon jamaah asal Kecamatan Baureno yang meninggal dunia,” ucapnya.

Manasik haji digelar selama dua hari. Selain itu, pascamanasik di Kota Bojonegoro, manasik juga akan dilakukan di masing-masing kecamatan. Hal itu agar para calhaj lebih memahami dan mengerti tahapan- tahapan dan rukun haji saat di Makkah.

“Di masingmasing kecamatan akan dilaksanakan manasik selama empat hari. Setelah itu biasa para jamaah melakukan persiapan di rumah seperti hajatan dan menerima tamu,” pungkasnya.

Muhammad roqib
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6090 seconds (0.1#10.140)