Secangkir Teh Kirim Yuli dan Ari ke Sri Langka

Kamis, 30 Juli 2015 - 09:14 WIB
Secangkir Teh Kirim Yuli dan Ari ke Sri Langka
Secangkir Teh Kirim Yuli dan Ari ke Sri Langka
A A A
SURABAYA - Bagi kita membuat teh adalah sesuatu yang biasa. Tapi bagi Chef Yuli Harianto dan Bartender Ari Yulianto menjadi luar biasa. Keduanya bisa berangkat ke Sri Langka hanya gara-gara membuat teh.

Cerita bermula dari undangan mengikuti lomba set high tea atau menyusun teh di Jakarta. Keduanya menjawab undangan tersebut dengan menyiapkan beberapa teh beserta pairing atau makanan pendamping yang cocok. Keduanya berbagi tugas, Chef Yuli membuat pairing dan Ari membuat teh. Hasil kolaborasi chef dan bartender ini mendapat juara satu tingkat nasional. Berkat teh dan menu pairing tersebut, mereka juga menjadi wakil Indonesia untuk lomba high tea tingkat internasional di Sri Lanka.

Racikan teh dan menu pendamping yang dikombinasikan dengan rempah lokal ternyata berhasil melirik juri untuk memilih seting menu high tea dari Yuli dan Ari sehingga menjadi juara. Tidak hanya itu, tampilan pairing nan cantik dan rasa teh khas juga menjadi penilaian tersendiri yang membuat salah satu juri, seperti Chef Vindex, memilih chef dan bartender asal Hotel Shangri-La Surabaya ini menjadi juara.

Sebelum berangkat ke Sri Lanka, keduanya juga mendapat bekal ilmu dari Chef Vindex yangjugapernahmenjadijuridi kompetisi Master Chef Indonesia. Setelah dimentori sekitar satu bulan, keduanya siap berangkat dan melanjutkan tantangan untuk seting high tea tingkat internasional. ”Untuk lomba di Sri Lanka, kami tetap mengandalkan rempah Indonesia yang dipadu dengan bahan lain.

Hanya untuk teh menggunakan teh Dilmah dari Sri Lanka karena memang bahan utamanya harus teh itu,” ujar Ari saat dijumpai di Shangri-La Hotel Surabaya, kemarin. Usaha Yuli dan Ari tidak sia-sia. Keduanya berhasil meraih silver medal untuk lomba Global Dilmah Real High Tea Challenge 2015 yang berlangsung awal Juli lalu di Sri Lanka. Kompetisi diikuti oleh 21 tim berasal dari 14 negara.

Mamik wijayanti
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5222 seconds (0.1#10.140)