Ditinggal Mudik, Ruko Terbakar

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:19 WIB
Ditinggal Mudik, Ruko Terbakar
Ditinggal Mudik, Ruko Terbakar
A A A
MALANG - Kebakaran hebat menimpa sebuah ruko berlantai dua yang digunakan untuk bisnis variasi mobil. Saat kebakaran, pemilik ruko sedang mudik Lebaran.

Kebakaran terjadi pada Selasa (21/7) dini hari kemarin. Api diduga berasal dari lantai I dan merambat hingga ke lantai II. Akibatnya, ruko yang selama ini digunakan untuk bisnis variasi mobil terletak di Jalan Raya Kepuh Harjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, ini hangus dilalap si jago merah.

Saksi mata Raim mengatakan, saat kejadian ruko tersebut dalam keadaan kosong. Percik api diduga timbul pertama sekitar pukul 1.30 WIB, kemudian menjalar sampai menghanguskan lantai dua.

Raim yang rumahnya tidak jauh dari ruko variasi mobil ini menuturkan, saat api membabat seisi bangunan, pemilik ruko yang menurutnya bernama Roni, 36, tidak berada di tempat. Warga Perum Araya, Malang, ini dikabarkan mudik Lebaran sejak Kamis (16/7) lalu. “Saat kejadian, ruko dalam keadaan kosong, tidak ada penghuni. Pemiliknya mudik Lebaran, Kamis lalu,” ujar Raim didampingi saksi lain, Moh Sosian.

Kedua saksi ini merupakan pemilik warteg yang tempat usahanya tidak jauh dari ruko terbakar. Menurut mereka, kebakaran parah terjadi di lantai satu tempat alat-alat yang dipakai untuk aksesori mobil terbakar. Saksi Moh Sosian menambahkan, api baru dijinakkan dua jam kemudian, yaitu pukul 03. 30 WIB, setelah enam unit mobil pemadam kebakaran didatangkan ke lokasi kebakaran.

Kabid Humas Polres Malang, AKP Ni Nyoman Sri Efliandani, membenarkan kejadian ini. “Benar anggota kami di Polsek Karangploso sudah menyampaikan laporan tentang kronologis kejadiannya,” Katanya. Hingga saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi mencapai Rp600 juta.

Kebakaran di Karangploso merupakan kali kedua dalam dua hari terakhir. Pada Senin dini hari, sebuah mobil hangus terbakar seusai mengisi bahan bakar di SPBU di wilayah Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Kanit Laka Lantas Polsek Sumber Pucung, Ipda Yoyok Supandi menjelaskan, mobil terbakar tersebut milik salah seorang warga yang mudik untuk merayakan Idul Fitri. Dikatakannya, kejadian itu bermula saat pemiliknya seusai mengisi bahan bakar di salah satu SPBU hendak menyalakan mobil, tiba- tiba ada percikan api dari mesin.

“Dalam hitungan menit, api langsung membesar dan menghanguskan seluruh bodi mobil,” katanya. Ipda Yoyok Supandi mengaku tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Yosef naiobe
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5993 seconds (0.1#10.140)