Polisi Tembaki Sindikat Pencuri Ternak

Minggu, 05 Juli 2015 - 19:53 WIB
Polisi Tembaki Sindikat Pencuri Ternak
Polisi Tembaki Sindikat Pencuri Ternak
A A A
MUARA BELITI - Jajaran Polsek Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura) menembaki anggota sindikat pencurian hewan ternak jenis sapi usai beraksi di Jalan Desa Bamasco Kecamatan Tuah Negeri.

Informasi yang dihimpun sebelumnya aparat Polsek Muara Kelingi mendapatkan laporan bahwa ada kawanan sindikat pencurian sapi menggunakan mobil Daihatsu Terrios hitam BG 1947 LH.

Mereka kabur dari kebun sawit Desa Beliti Jaya, Kecamatan Muara Kelingi, usai mencuri seekor sapi milik Udin (50) warga setempat.

Saat itu petugas lalu melakukan blokade di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) depan Polsek Muara Kelingi.

Tetapi mobil tetap melaju kencang. Polisi mengeluarkan tembakan peringatan namun kawanan itu tetap melaju. Akhirnya terjadi pengejaran masuk ke arah Desa Bamasco lalu masuk ke Blok Pertamina.

Polisi kemudian menyergap kawanan tersangka dari arah berlawanan. Ketika dihadang dari depan para pelaku tetap ngebut dan hendak menabrak polisi yang menghadangnya. Akhirnya polisi melepaskan beberapa tembakan ke arah depan mobil.

Tapi mobil tetap melaju diduga ada salah seorang tersangka yang tertembak akhirnya menabrak pagar rumah warga. Lalu kabur ke dalam hutan polisi langsung mengejar tapi para pelaku menghilang.

Kapolres Kabupaten Mura AKBP Nurhadi Handayani mengatakan, petugas mendapatkan laporan langsung melakukan penyergapan tetapi pelaku melawan dan kabur.

Usai disergap tetap melawan hingga petugas menghentikan laju mobil dengan menembak dari arah depan.

Diduga salah seorang pelaku terkena tembakan hingga mobil menabrak pagar rumah warga. Ketika didekati para pelaku sudah kabur di hutan.

"Didalam mobil terdapat potongan daging sapi masih baru, satu bilah pisau, satu bilah parang, dua buah tali nilon warna biru," jelas Nurhadi, Minggu (5/7/2015).

Menurutnya, polisi langsung melakukan penyisiran di kegelapan malam dibantu warga sekitar.

Kemudian melakukan penjagaan di sejumlah puskesmas desa. Karena di dalam mobil ditemukan bercak darah diduga salah seorang pelaku terkena tembakan anggota polisi.

"Kita juga imbau para pengguna jalan yang melihat ada orang luka di bagian perut hendaknya segera melaporkan ke aparat kepolisian terdekat. Karena diduga orang tersebut salah seorang pelaku pencurian hewan ternak yang disergap polisi, " timpal dia.

Selain itu, mengenai daging sapi diduga dipasok ke Pasar 16 Ilir Palembang. Sehingga, pihaknya mengimbau aparat desa dan masyarakat memperhatikan hewan ternak yang ada. Sebab, menjelang lebaran biasanya kawanan pelaku pencurian ternak beroperasi.

"Segera laporkan tindakan pidana yang terjadi. Sehingga, aparat bisa melakukan pengejaran terhadap pelaku kejahatan tersebut dengan cepat, " ungkap Nurhadi.

Sedangkan, Kapolsek Muaraa Kelingi, Iptu Dedi Rahmat mengatakan, pihaknya telah mengamankan barang bukti mobil, daging sapi dan sejumlah peralatan yang digunakan pelaku.

"Kita akan lakukan pengecekan dari mobil untuk penyelidikan lebih lanjut terkait aksi pencurian hewan ternak tersebut, " pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5994 seconds (0.1#10.140)