Seni Instalasi Perjuangan Ibu Hamil

Kamis, 11 Juni 2015 - 08:48 WIB
Seni Instalasi Perjuangan Ibu Hamil
Seni Instalasi Perjuangan Ibu Hamil
A A A
SURABAYA - Aula Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) kemarin disulap menjadi ruang pameran. Menariknya, semua karya seni bukan dari seniman, melainkan hasil karya para dokter FK Uniar.

Beragam karya seni, seperti lukisan, buku, novel, dan seni instalasi, dipamerkan dalam kegiatan Pekan Ilmiah, Riset, Seni, dan Humaniora yang digelar mulai kemarin hingga Sabtu, 13 Juni. Salah satu karya yang menarik perhatian pengunjung adalah seni instalasi karya Dr Aucky Hinting PhD SpAnd. Pria yang juga Ketua Program Studi Spesialis Andrologi ini memamerkan 10 karya lukis dan empat seni instalasi.

Seni instalasi Aucky berasal dari botol obat suntik atau vial dan sebagian terbuat dari selang infus. Misalnya karya berjudul Vials of the Female Sacrifice yang merupakan gambaran pengorbanan seorang perempuan saat ingin hamil lewat proses bayi tabung. Dokter Aucky menggambarkannya lewat seni instalasi dengan posisi perempuan membuka kedua kakinya atau saat pemanenan sel telur.

Secara utuh, makna di balik seni instalasi tersebut menggambarkan perempuan hamil melalui proses penyuntikan, pengambilan sel telur, penanaman embrio, sampai deteksi kehamilan. “Saya menghabiskan sekitar 10 botol obat suntik dan menyelesaikan karya ini dalam waktu tiga bulan. Lewat karya ini, saya sebenarnya ingin menyampaikan betapa beratnya perjuangan seorang perempuan ketika dia ingin hamil,” ungkap Aucky saat dijumpai dalam pembukaan kemarin.

Untuk menyusun seni instalasi setinggi 2 meter itu, Aucky sengaja membuat cetakan, kemudian menempelkan botol obat suntik satu per satu. Bahan yang digunakan selain botol obat suntik yakni fiberglass , lamb , dan iron . Alhasil, muncullah karya seni instalasi tiga dimensi yang membuat bertema kesehatan tersebut.

Karya Aucky tak cuma satu. Dia juga membuat karya gambaran sosok dokter dan perawat yang juga dipamerkan. Bahkan, untuk menggambarkan keadaan saat memanen sel telur, pria yang aktif mengajar di FK Unair ini juga menampilkan karyanya yang terbuat dari selang infus.

Karya berjudul Egg Harvest ini menunjukkan juntaian jarum untuk memanen sel telur yang ditusukkan ke indung telur, sedangkan selang infus merupakan gambaran selang yang terhubung dengan pompa sedot telur. Hampir semua karya seni yang dibuat Aucky bertema perempuan hamil. Hal ini berkaitan dengan dunia kedokteran yang digelutinya, yakni spesialis andrologi dan penanganan bayi tabung.

Sebenarnya sudah 12 tahun pria yang juga praktik di RSUD Dr Soetomo ini mengaku tertarik dengan seni karena ingin menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan dunia medis, tetapi tidak membuat masyarakat bingung. Akhirnya lewat karya seni, ia menjelaskan berbagai prosedur yang ada dalam dunia medis.

Mamik wijayanti
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4727 seconds (0.1#10.140)