64 Relawan Dilepas ke Pelosok

Kamis, 04 Juni 2015 - 07:51 WIB
64 Relawan Dilepas ke...
64 Relawan Dilepas ke Pelosok
A A A
MALANG - Sebanyak 64 relawan Peace Corps dari Amerika Serikat yang telah mengikuti kursus singkat bahasa Indonesia serta mengenali budaya Indonesia bersama praktisi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), siap dilepas ke sekolah-sekolah pinggiran di Provinsi Jatim dan Jabar.

Sebagai tanda mengakhiri proses short course di UMM, para relawandinobatkan dalam sebuah acara Swear-In and Closing Ceremony di UMMDome, kemarin. Hadir pada acara itu, Konsulat Jenderal Amerika Serikat (Konjend AS) di Surabaya, Joaquin Monserrate; Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas Wariki Sutikno; Country Director Peace Corps Indonesia, serta seluruh keluarga baru para relawan yang tinggal di Kota Batu dan Malang. Peace Corps sendiri merupakan lembaga nonprofit yang didirikan Presiden AS ke-35, John F Kennedy.

Tahun ini, kerja sama UMM dengan Pemerintah Amerika memasuki tahun keenam. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah AS dan Peace Corps yang telah mempercayakan UMM sebagai Host PST ini selama enam tahun berturut- turut,” kata Asisten Rektor Bidang Kerja Sama Luar Negeri UMM, Soeparto. Menurut dia, UMM sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia, yang menjadi tempat pelatihan relawan Peace Corps. Dengan adanya Peace Corps di UMM, kata Soeparto , semakin memperkuat internasionalisasi di UMM.

“Ini juga sejalan dengan misi kami untuk membawa suasana internasional ke dalam kampus. Jika lembaga resmi pemerintah saja percaya dengan UMM, bagaimana dengan lembaga lain?” kata dia. Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas, Wariki Sutikno, melihat adanya manfaat besar dari program Peace Corps ini. Dari pantauan pemerintah selama enam tahun terakhir, banyak manfaat yang dirasakan sekolah tempat relawan mengajar.

Masyarakat di sekitar sekolah juga diuntungkan. SementaraKonjenAS diSurabaya, Joaquin Monserrate, mengatakan, Peace Corps dapat menjadi jalan untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara Indonesia dan AS. “Selamat bertugas untuk para relawan,” katanya.

Maman adi saputro
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7707 seconds (0.1#10.140)