Koalisi 6 Parpol Siap KO Petahana

Rabu, 03 Juni 2015 - 10:01 WIB
Koalisi 6 Parpol Siap KO Petahana
Koalisi 6 Parpol Siap KO Petahana
A A A
SIDOARJO - Enam partai politik (parpol) menegaskan komitmen koalisi untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati Sidoarjo. Koalisi ini ditargetkan memenangkan Pemilihan Bupati (Pilbup) Sidoarjo 2015.

Keenam parpol tersebut adalah PDIP, PAN, Golkar, NasDem, PBB, dan PPP. Parpol ini mendapat kursi di DPRD Sidoarjo. PDIP delapan kursi; PAN tujuh kursi; Golkar lima kursi; Nas- Dem, PBB, dan PPP masing-masing satu kursi.

Deklarasi di Kantor DPC PDIP Sidoarjo, Jalan Raya Jati, Sidoarjo ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan koalisi oleh petinggi enam parpol sebelumnya. “Hari ini rapat persiapan deklarasi besok (hari ini, red) dan pembentukan panitia penjaringan cabup-cawabup dan lainnya,” ujar Ketua DPC PDIP Sidoarjo, Tito Pradopo.

Dalam pertemuan hadir Ketua DPD PAN Sidoarjo H Imam Sugiri, Ketua DPD Golkar Sidoarjo Warih Andono, Ketua DPD PBB Sidoarjo Munawir Ansori, Wakil Sekretaris DPC PPP Sidoarjo Puji Witanto, Wakil Ketua DPC NasDem Sidoarjo Totok Santoso dan sejumlah pengurus keenam parpol.

DPC Partai Demokrat diklaim bakal bergabung dalam koalisi namun tidak hadir dalam pertemuan kemarin. Tito menyatakan, koalisi enam parpol ini terbentuk atas persamaan pemahaman untuk mencari pemimpin Sidoarjo yang prorakyat sehingga bisa membawa perubahan yang signifikan bagi Kota Petis ini.

“Kami berharap koalisi parpol ini bisa mengantar pemimpin Sidoarjo yang lebih baik,” ujarnya. Ketua DPD PAN Sidoarjo Imam Sugiri menyatakan, setelah koalisi secara resmi dideklarasikan, tahap berikutnya adalah membuka pendaftaran calon. Koalisi enam parpol membuka pintu selebar-lebarnya bagi kader parpol maupun masyarakat umum untuk ikut ambil bagian.

Pendaftar akan dipublikasikan secara terbuka untuk diuji publik agar calon yang bakal diusung benar-benar dikehendaki rakyat. “Pendaftaran dilakukan paling tidak sepekan ke depan,” kata Imam Sugiri. Lalu bagaimana dengan PDIP yang sudah melakukan penjaringan cabup-cawabup? Imam Sugiri mengatakan, bahwa telah diputuskan bersama bahwa calon yang telah terlebih dulu mendaftar ke PDIP akan digabung bersama calon-calon lain dalam koalisi.

PDIP seperti diketahui telah menjaring satu nama yang diajukan ke DPP PDIP yakni Abdul Kolik. Ketua DPD Golkar Sidoarjo Warih Andono mengatakan, setelah terbentuknya koalisi parpol ini tinggal menentukan sekretariat dan menentukan panitia penjaringan calon. “Masing- masing parpol langsung menggerakkan mesin politiknya untuk memenangkan cabup- cawabup yang nantinya akan diusung koalisi,” ucapnya.

Koalisi enam parpol ini memiliki 23 kursi di DPRD Sidoarjo. Jumlah yang lebih dari memadai untuk mengusung calon sendiri, bahkan memenangkan pertarungan. Meski begitu masih terbuka kesempatan bagi parpol lain untuk berkoalisi. Dengan demikian peluang untuk memenangkan Pilbup Sidoarjo makin terbuka lebar, sehingga diyakini bisa membendung petahana, Saiful Ilah, yang diusung PKB.

PKB selama ini memang percaya diri mengusung calon sendiri dan bakal memenangkan pertarungan dalampilbup. Dengan bergabungnya enam parpol ini, memang masih ada empat parpol yang belum mengerucut dalam sebuah koalisi, termasuk PKB dengan 13 kursi di DPRD Sidoarjo dan telah mengusung calon.

Sementara tiga partai lain yaitu Partai Gerindra (tujuh kursi) juga belum menentukan arah koalisi. Hanya partai besutan Prabowo Subianto ini sudah melakukan penjaringan calon sendiri, Partai Demokrat (empat kursi) juga telah membuka pendaftaran calon.

Terakhir, PKS dengan tiga kursi hingga kini belum menentukan sikap untuk berkoalisi dan belum juga membuka penjaringan calon.

Abdul rouf
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8176 seconds (0.1#10.140)