XL Siap Hadapi Kenaikan Traffic

Sabtu, 30 Mei 2015 - 07:48 WIB
XL Siap Hadapi Kenaikan Traffic
XL Siap Hadapi Kenaikan Traffic
A A A
SURABAYA - Menjelang Ramadan dan Lebaran, PT XL Axiata Tbk siap menghadapi kenaikan traffic komunikasi yang dilakukan masyarakat, baik lewat pesan singkat (SMS) maupun telepon.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang Lebaran, kebutuhan layanan provider akan meningkat. Hal ini disebabkan masyarakat saling menelepon atau SMS untuk memberikan ucapan selamat. Selain itu layanan data juga akan meningkat seiring berkembangnya media sosial. Tentunya yang dikhawatirkan oleh masyarakat adalah timbulnya kemacetan jaringan, mengingat penggunaan jaringan provider juga meningkat.

Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan pelanggan XL karena provider satu ini sudah mempersiapkan diri. Bahkan, kemarin seluruh region XL serentak melakukan uji kesiapan jaringan dan layanan di wilayah Indonesia, yakni di Sumatra Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan. Di Jatim, tes jaringan dilakukan di beberapa wilayah, yakni Surabaya, Bangkalan, dan Malang.

Kegiatan serupa dilakukan di wilayah lain dan hasilnya langsung dilaporkan saat itu juga. Bahkan, langsung dengan teleconference bersama perwakilan daerah lain. Presiden Direktur XL Dian Siswarini menjelaskan, kenaikan traffic tentu tidak hanya terjadi di Jawa, tapi juga berbagai daerah lain.

Karena itu, XL menggelar tes jaringan di berbagai daerah untuk memastikan bahwa jaringan XL sudah siap menghadapi kenaikan traffic menjelang Ramadan maupun Lebaran. Sehari-hari provider ini melayani traffic percakapan atau voice hingga 470 juta menit per hari, traffic SMS 525 juta per hari, dan traffic data 500 terabytes per hari.

Dian memperkirakan, layanan tersebut akan meningkat menjelang Ramadan dan Lebaran sekitar 5-10% untuk layanan voice , 10-15% untuk layanan SMS, dan 20-30% untuk layanan data. Kenaikan traffic ini diprediksi akan merata di seluruh Jawa, sedangkan untuk daerah luar Jawa rata-rata naik 13%.

Uji jaringan atau network drive test yang dilakukan XL kemarin menggunakan alat sesuai standar, yakni alat ukur (TEMS) dan tools komputer (Map info) serta menggunakan kendaraan bergerak berupa bus. Hasil tes menunjukkan bahwa tiap wilayah sudah mampu menghadapi kenaikan traffic jaringan.

XL optimistis mampu memberikan kenyamanan layanan kepada 52,1 juta pelanggannya saat ini melalui jaringan yang berinfrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30.000 km dan BTS sebanyak lebih dari 52.000 BTS berupa 4G, 3G, dan 2G yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, untuk wilayah Jatim yang kemarin melakukan uji tes jaringan ke Surabaya, Bangkalan, dan Malang juga menunjukkan report yang bagus, hampir 90% jaringan dalam kondisi baik. Jatim memiliki pelanggan sekitar 11 juta lebih dan peringkat kedua kenaikan traffic secara nasional.

Kekuatan sinyal 65 % juga dicover jalur 3G. “XL siap menghadapi kenaikan traffic khususnya untuk wilayah Jatim atau east region , sebab seperti yang kita lihat sendiri hasil tes jaringan menunjukkan hasil yang baik,” kata Vice Presiden XL East Region Desy Sari Dewi.

Mamik wijayanti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6692 seconds (0.1#10.140)