Demokrat Siap Usung Risma

Rabu, 13 Mei 2015 - 09:29 WIB
Demokrat Siap Usung Risma
Demokrat Siap Usung Risma
A A A
SURABAYA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mengaku siap bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk berkoalisi mengusung calon wali kota petahana Tri Rismaharini pada Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Desember mendatang.

“Kalau berkoalisi siap dengan siapa saja, asalkan calon yang diusung sesuai dan memiliki pandangan sama,” ujar Juru Bicara DPP Partai Demokrat Ruhut Sitompul ketika ditemui di arena Kongres IV Demokrat di Surabaya kemarin. Pihaknya mengakui kualitas kepemimpinan Tri Rismaharini selama menjadi orang nomor satu di Surabaya sangat kuat dan dinilainya berhasil.

“Saya pribadi sangat dekat dengan Bu Risma dan memang selama memimpin sangat bagus,” tukas anggota DPR RI tersebut. Politikus yang pernah menjadi bintang sinetron itu mengakui, tidak menutup kemungkinan nama Tri Rismaharini akan dimunculkan sebagai salah satu kandidat calon wali kota yang diusulkan Partai Demokrat jika dalam hasil surveinya menempati urutan teratas.

“Hasil yang akan dipakai untuk mengusung kandidat dari Demokrat nanti tunggu survei. Kalau memang tertinggi, sangat dimungkinkan mengusung Bu Risma dan berkoalisi dengan partai mana saja,” katanya. Partai Demokrat, lanjut dia, juga akan membahas persoalan Pilkada serentak 2015 pada Kongres IV yang digelar di Surabaya, 11-13 Mei 2015. Sebelumnya pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur memastikan akan mengusung duet Tri Rismaharini- Wisnu Sakti Buana sebagai Wali Kota Surabaya dan wakilnya pada Pilwali mendatang.

“Sudah pasti itu, Bu Risma calon wali kota dan Pak Wisnu wakilnya,” ujar Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. Kepastian itu diperoleh seusai pimpinan PDIP Jatim menggelar rapat dan diskusi dengan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto sebelum membuka secara resmi tes uji kepatutan dan kelayakan.

Menurut Kusnadi, pihaknya sudah melaporkan ke DPP PDIP bahwa khusus Surabaya pihaknya sudah melakukan pemetaan, sekaligus memberitahukan dua namayangmendaftarkandirisebagai calon wali kota Surabaya 2015-2020, yakni Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana. Setelah melaporkannya, lanjut Wakil Ketua DPRD Jatim itu, Sekjen DPP PDIP mengaku bahwa pengusungan calon wali kota dan wakilnya merupakan kewenangan pusat.

“Sekjen sendiri yang bilang, nanti kewenangan DPP menggandengkan mereka kembali dengan rincian Tri Rismaharini wali kota dan Wisnu Sakti wakilnya,” tukasnya. Di tempat sama, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto tidak menampik jika keduanya merupakan pasangan yang nantinya akan diusung kembali oleh partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut pada Pilkada Surabaya mendatang.

Menurut dia, keduanya sampai saat ini menilai berhasil memimpin Kota Pahlawan dan tidak menutup kemungkinan kembali berduet.

Lukman hakim/ant
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4225 seconds (0.1#10.140)