SOOS Tampil di Festival Seni Prancis

Rabu, 13 Mei 2015 - 09:28 WIB
SOOS Tampil di Festival Seni Prancis
SOOS Tampil di Festival Seni Prancis
A A A
SURABAYA - Orang beranggapan bahwa musik klasik sulit dipelajari. Padahal, semua ilmu pasti bisa dipelajari, asal disiplin mempelajarinya.

Begitulah prinsip Shienny Kurniawati yang tahun kemarin mendirikan grup musik klasik String Orchestra of Surabaya (SOOS). Shienny ingin mewadahi anak muda Surabaya yang sudah bisa bermain musik untuk pentas di berbagai acara bergengsi. Seperti beberapa waktu lalu yang berkolaborasi dengan musisi Adi MS. Grup satu ini sengaja memilih klasik sebagai genre musiknya karena memang menantang dan berbeda dari yang booming . Saat ini grup yang terbentuk sejak Maret 2013 ini telah memiliki 51 musisi.

Hebatnya, semua anggota adalah orang Surabaya asli dan rata-rata masih usia muda. Yang bergabung paling kecil berusia 9 tahun dan sebagian yang lain masih berusia 20 tahunan. Ini sekaligus membuktikan bahwa anak muda Surabaya memang keren dan sudah semakin berkembang. Mereka terus berkarya untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa ketekunan tentu membawa hasil.

“Kami semuanya belajar secara disiplin, apalagi musik klasik kadang dibilang sulit. Namun, dengan rutin latihan, ternyata kami pun bisa,” kata Shienny kemarin. Mengingat namanya string orchresta , maka alat musik yang banyak digunakan dalam bermain musik adalah violin, viola, cello, piano dan flute. Masing-masing musisi dalam grup musik ini adalah mereka yang sudah bisa bermain musik, setidaknya sudah lancar.

“Di sini memang bukan amatir tapi mereka ratarata yang sudah bisa bermain musik dan kami akan latih lagi dalam grup. Jadi mereka yang masih nol belum paham musik klasik sama sekali tentu belum bisa tergabung dalam grup kami, setidaknya harus bisa bermain musik dulu,” papar Shienny. Pertengahan tahun ini SOOS didaulat menjadi musik pembukauntukacara PrintempsFrancais (baca: prangtang frangse)di Ballroom Sheraton Hotel, Surabaya. Printems Francais merupakan festival seni budaya yang digelar tiap tahun oleh Institut Francais Indonesia Surabaya.

Rencananya SOOS membawakan delapan komposisi lagu yang semuanya dari musisi Prancis. Selain itu, mengeluarkan 16 musisi muda yang terlibat dalam pertunjukan tersebut. Salah satu lagu yang akan dibawakan berjudul Bizet yang kemarin ditampilkan oleh delapan musisi perwakilan SOOS. Festival seni budaya Prancis ini akan diselenggarakan di 12 kota seluruh Indonesia.

Di Surabaya sendiri akan digelar delapan acara, sedangkan total acara di seluruh Indonesia 50 kegiatan. Kegiatan tersebut yakni pertunjukan baik dari seni musik dan teater, kemudian pameran yang akan diselenggarakan di Galeri AJBS.

Rangkaian keseluruhan kegiatan festival seni budaya akan berlangsung mulai 16 Mei-17 Juni dan semua pertunjukan maupun pameran bisa disaksikan gratis masyarakat.

Mamik wijayanti
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5215 seconds (0.1#10.140)