RSUD Andi Makkasau Segera Lakukan Tes Cepat Virus Corona

Rabu, 08 April 2020 - 14:04 WIB
RSUD Andi Makkasau Segera Lakukan Tes Cepat Virus Corona
Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat memberikan edukasi kepada warga terkait dengan Covid-19. Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, akan segera menggunakan mesin rapid molecular diagnostic atau Tes Cepat Molekuler (TCM), untuk percepatan hasil tes swab hidung dan tenggorokan pasien Covid-19.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, selain RSUD Andi Makkasau, rumah sakit lainnya di Sulsel yang mendapat kepercayaan melakukan hal ini, diantaranya RSUP dr Wahidin Sudirohusodo dan RS Labuang Baji Makassar.

Dengan kepercayaan dari Kemenkes RI tersebut, kata Taufan, akan intens dilakukan koordinasi dengan pihak manajemen RSUD Andi Makkasau, untuk mempersiapkan segala kebutuhan dalam melakukan metode TCM. Baik itu ketersediaan alat tes, biosafety cabinet, dan kelengkapan lainnya.

Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) kata Taufan, bisa mendekteksi infeksi Covid-19 hanya dalam waktu 45 menit.

“Semoga dalam waktu dekat telah dapat dilakukan pemeriksaan, sehingga tidak terjadi antrean panjang di beberapa laboratorium yang telah ditunjuk di Makassar,” harap Taufan.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraini Sari mengatakan, TCM bukan barang baru di rumah sakit dipimpinnya. Sudah bertahun tahun, alat pendiagnosa tersebut digunakan untuk pasien tuberkulosis (TB).

Renny menjelaskan, RSUD Andi Makkasau menggunakan TCM, karena menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk layanan Multidrug-Resistant Tuberculosis (MDR TB). Dan TCM tersebut, pun bisa digunakan untuk mendeteksi Corona.

"Kami tinggal menunggu cartridge khusus Corona dari Kemenkes. Dengan alat tersebut, mesin TCM bisa difungsikan untuk sebagai mesin pemeriksaan Covid-19," papar Renny.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan mengoperasikan mesin TCM tersebut, Renny memastikan jika RSUD Andi Makkasau telah memiliki tenaga yang akan ditempatkan dibagian laboratorium.

"Mesin maupun petugas sudah siap, sejak lama. Sudah menjalani pelatihan, karena mesin yang sama, memang telah lama digunakan di RSUD Andi Makkasau," tandasnya.
(agn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3630 seconds (0.1#10.140)