Kampung Tangkolak Jadi Pusat Informasi Bahari

Kamis, 27 Desember 2018 - 10:18 WIB
Kampung Tangkolak Jadi Pusat Informasi Bahari
Pejabat Kementerian Kelautan dipimpin Dirjen Penataan Ruang Laut (PRL) Bramanto didampingi pejabat Pemkab Karawang meresmikan Pusat Informasi Bahari Tangkolak. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Kabupaten Karawang saat ini sudah memiliki Pusat Informasi Bahari Tangkolak di Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan. Pusat Informasi Tangkolak ini diharapkan menjadi tempat berkumpul untuk saling bertukar informasi tentang masalah bahari.

"Pusat Informasi Bahari Tangkolak sudah diresmikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, kemarin, Rabu (26/12/2018). Bukan hanya dari pemerintah pusat banyak juga pejabat dari Pemerintahan Karawang hadir di sini. Kami senang karena desa kami dijadikan pusat informasi bahari dalam skala nasional. Pastinya warga kami akan memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan kesejahteraan," jelas Kepala Desa Sukakerta Bukhori, Kamis (27/12/2018).

Menurut Bukhori, Kampung Tangkolak di Desa Sukakerta, dipilih pemerintah menjadi Pusat Informasi Bahari karena memang strategis. Perairan di sekitar Kampung Tangkolak terdapat hutan mangrove yang menjadi habitat ribuan burung bangau. Selain itu juga terdapat terumbu karang yang indah yang membuat banyak wisatawan datang.

"Yang tidak kalah menarik dibawah laut terdapat museum Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) yang sedang proses perbaikan," ujarnya.

Kampung Nelayan Tangkolak yang dahulu kumuh dan kotor, kini sudah berkamuflase menjadi destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Dengan diresmikannya galeri di Tangkolak, diharapkan mampu menyedot lebih banyak wisatawan dari dalam maupun luar Karawang.

"Mudah-mudahan galeri ini bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat Karawang, khususnya masyarakat Desa Sukakerta dan Cilamaya," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5906 seconds (0.1#10.140)