Nelayan Temukan Jenazah Korban Kecelakaan Laut di Halmahera Selatan

Selasa, 30 Januari 2024 - 13:41 WIB
loading...
Nelayan Temukan Jenazah Korban Kecelakaan Laut di Halmahera Selatan
Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban penumpang speed boat yang terjatuh ke laut di Halmahera Selatan, pada Selasa (30/1/2024). Foto/Ist
A A A
HALMAHERA SELATAN - Setelah melakukan pencarian selama lima hari, tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban penumpang speed boat yang terjatuh ke laut di Halmahera Selatan , Maluku Utara, pada Selasa (30/1/2024).

Basarnas mendapatkan informasi dari Sanusi Mustafa, seorang nelayan Desa Gunange, yang menemukan jenazah tanpa identitas di perairan antara Pulau Kayoa dan Pulau Gunange, Kabupaten Halmahera Selatan.

Sanusi, memutuskan untuk kembali ke desanya guna melaporkan penemuan tersebut kepada masyarakat dan Pemerintah Desa setempat. Masyarakat nelayan Desa Gunange langsung bergerak bersama-sama menuju lokasi penemuan jenazah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman, menyatakan bahwa setelah menerima informasi tersebut, pihaknya langsung menerjunkan Tim SAR yang saat itu sedang melakukan pencarian di perairan Pulau Moti untuk segera bergerak menuju perairan Pulau Gunange.



"Koordinat penemuan jenazah berada pada 0°0'3.29"N / 127°17'27.42"T dengan jarak 38.63 NM dan radian 185.33° dari lokasi jatuhnya penumpang speed di perairan Tidore," jelas Fathur Rahman.

"Pada pukul 10.55 WIT, Tim SAR Gabungan menggunakan RIB 04 Basarnas Ternate tiba di lokasi penemuan jenazah dan langsung melakukan transfer jenazah dari longboat nelayan ke atas RIB 04 Basarnas. Selanjutnya, Tim SAR Gabungan membawa jenazah tersebut ke Pulau Makian untuk dilakukan kroscek dengan pihak keluarga penumpang yang terjatuh dari speed boat," sambungnya.

Kemudian, lanjut dia, pukul 12.30 WIT, Tim SAR Gabungan tiba di dermaga Pulau Makian dan melakukan pengecekan, serta terkonfirmasi bahwa jenazah tersebut merupakan Abdullah Hi Talib, penumpang speed yang terjatuh ke laut di perairan Pulau Tidore.

"Jenazah langsung diserahkan kepada pihak keluarga," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)