Banten Dukung Indonesia Jadi Negara Maritim

Selasa, 28 Oktober 2014 - 12:03 WIB
Banten Dukung Indonesia Jadi Negara Maritim
Banten Dukung Indonesia Jadi Negara Maritim
A A A
SERANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten siap mendukung program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara maritim, seperti yang pernah digagas para pendiri bangsa.

"Walau belum ketemu (Jokowi), tapi kita berusaha Banten masuk ke dalam peta maritim, dan kita siap," kata Pelaksana Tugas Gubernur Banten Rano Karno, saat ditemui di Pendopo Gubernur Banten Kota Serang, Senin (27/10/2014).

Dia menjelaskan, Provinsi Banten mempunyai garis pantai sepanjang 500 kilometer lebih. Provinsi yang dikenal dengan Pelabuhan Merak-nya yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera, ini memiliki historis pelaut.

"Banten akan dibangun pelabuhan yang berguna untuk mengangkut barang ataupun manusia, sehingga antarpulau dapat terhubung satu sama lain, dan keadaan perairan Indonesia dapat diawasi," terangnya.

Seperti diketahui, Provinsi Banten merupakan salah satu kekuatan poros maritim Nusantara. Sebelumnya, pemerintah era Megawati Soekarnoputri mencanangkan pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Bojonegara.

"Banten punya titik kuat itu, yaitu tentang pembangunan Pelabuhan Bojonegara," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7274 seconds (0.1#10.140)