Kisah Sri Rejeki Temukan Inovasi Pengolahan Limbah Kulit Semangka Jadi Keripik

Rabu, 19 Juli 2023 - 23:20 WIB
loading...
Kisah Sri Rejeki Temukan Inovasi Pengolahan Limbah Kulit Semangka Jadi Keripik
Sri Rejeki, pelaku UMKM asal Kediri, Jawa Timur gigih melakukan serangkaian percobaan mengolah limbah kulit semangka menjadi keripik camilan yang bernilai jual. Foto/Ist
A A A
KEDIRI - Sri Rejeki, pelaku UMKM asal Kediri, Jawa Timur gigih melakukan serangkaian percobaan untuk mengolah limbah kulit semangka yang selama ini tak dimanfaatkan menjadi keripik camilan. Usahanya tak sia-sia, setelah beberapa kali gagal, kini dia mampu mengolahnya jadi kudapan yang bernilai jual.

Sri berhasil menemukan cara mengubah bagian kukit buah semangka yang tadinya tidak bisa dikonsumsi menjadi keripik yang digemari banyak orang.



Semua itu berawal dari keprihatinannya melihat petani di daerahnya yang membuang buah semangka yang kulitnya masih bagus gara-gara dagingnya mulai busuk. Sri pun tergerak untuk melakukan eksperimen kulit semangka.

Usahanya tak semudah yang dibayangkan. Dia bolak-balik mengalami kegagalan. Namun hal itu tak menyurutkan semangatnya. Hingga akhirnya dia menemukan cara pengolahan yang baik hingga menjadi keripik yang bisa dijual dan digemari masyarakat.

“Akhirnya bisa saya jual dengan kualitas yang sekarang, renyahnya sudah bisa bertahan sampai dengan empat bulan,” kata Sri semringah, Rabu (19/7/2023).

Keripik kulit semangka temuannya pun menjadi perbincangan para pelanggan dan warga setempat. Mereka menyebut rasanya seperti kudapan usus ayam. Setelah beberapa kali melakukan inovasi, akhirnya keripik semangka muncul dengan berbagai varian seperti balado, jagung, manis, dan keju.



“Yang paling digemari itu rasa balado dan original. Kata ibu-ibu tetangga kalau original enaknya dimakan pakai nasi kalau enggak ada lauk,” ungkap Sri.

Kegigihan dalam membuat dan menjual produk ini tidak mudah. Berawal dari munculnya anggapan dari orang-orang di sekitarnya yang menganggap kulit semangka tidak umum untuk dijadikan kudapan enak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)