Nyamar Pakai Masker, Tukang Becak Bobol Rekening Korban Rp345 Juta

Rabu, 18 Januari 2023 - 18:45 WIB
loading...
Nyamar Pakai Masker, Tukang Becak Bobol Rekening Korban Rp345 Juta
Seorang tukang becak di Kota Surabaya, Setu berhasil membobol rekening hingga membawa kabur uang tunai Rp345 juta. Foto/Ilustrasi/SINDOgrafis
A A A
SURABAYA - Bak film aksi. Setu, seorang tukang becak di Kota Surabaya, berhasil melakukan penyamaran dan membobol rekening bank milik Muin Zachry, hingga berhasil membawa kabur uang tunai Rp345 juta.



Aksi penyamaran Setu untuk membobol rekening korbannya tersebut, terjadi pada Jumat (5/8/2022) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Setu mencairkan tabungan milik korbannya, dengan modal peci, pakaian, dan masker, serta memanipulasi tanda tangan pemilik rekening hingga mengelabui teller bank di Kota Surabaya.



Setu memanfaatkan momentum pandemi Covid-19, untuk menutup wajahnya sehingga tidak dikenali teller bank. Penyamaran untuk membobol rekening ini terungkap dari kesaksian teller bank, Maharani Istono Putri saat memberi keterangan sebagai saksi dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (17/1/2023).



Putri mengaku penyamaran Setu dengan pemilik rekening, Muin hampir serupa. Demikian juga dengan nomor PIN dan KTP yang ia bawa. "Dia (Setu) membawa buku tabungan, tahu nomor PIN dan KTP asli korban," katanya.

Dalam sidang tersebut, Putri mengakui kelemahannya sendiri. Sebab, dia tidak mencermati dan memperhatikan postur tubuh Setu secara detail, serta menyamakan Muin dengan Setu. Menurutnya, hanya wajah Setu mirip dengan Muin. Saat itu, Putri menanyakan kedatangan Setu yang hanya sendirian ke bank.

Padahal dia hendak mengambil uang ratusan juta. Mendapat pertanyaan itu, Setu lantas menjawab bahwa anaknya menunggu di mobil. "Saat kejadian berlangsung, bank tempat saya bekerja sedang sepi. Sebab, berbarengan dengan waktu salat Jumat," ungkap Putri.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)