Santri Dukung Pengembangan Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin Palembang

Kamis, 12 Januari 2023 - 21:11 WIB
loading...
Santri Dukung Pengembangan Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin Palembang
Relawan SDG Sumsel membantu pembangunan Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin. Bantuan yang dsalurkan berupa material bangunan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumatera (Sumsel) membantu pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Mahmud Badaruddin. Bantuan yang disalurkan berupa material bangunan, Sumsel.

Bantuan yang diberikan berupa semen 100 sak, 6 kubik pasir hitam, dan 3 kubik batu koral. “Hal itu menjadi bentuk kepedulian relawan SDG untuk pengembangan ponpes di Indonesia,” kata Korwil SDG Sumsel, Samsul Bahri di Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin, Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Palembang, Kamis (12/1/2023).

Bantuan diperuntukkan bagi perbaikan jalan dan area lapangan di Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin. Hal ini karena jalan dan lapangan ponpes tersebut yang kondisinya cukup memprihatinkan.

"Di sini kita melihat, pondok pesantren yang kondisi jalannya kurang baik, masih tanah. Lapangan yang digunakan para santri untuk olahraga dan upacara ini, juga kondisinya kurang baik. Masih tanah yang kurang rata dan ditumbuhi rumput-rumput liar," jelasnya.

Dirinya menegaskan, buruknya kondisi beberapa bangunan fasilitas santri di sebuah ponpes sudah seharusnya menjadi perhatian bersama. Ini demi menunjang kegiatan santri dalam menimba ilmu agama.

"Dari itu kita berinisiatif untuk memberikan bantuan material agar pihak pondok pesantren bisa mengecor jalan dan lapangan yang kondisinya kurang baik ini. Sehingga santri di pondok pesantren ini merasa lebih nyaman untuk beraktivitas sehari-hari," sebutnya.

Kegiatan dari para relawan yang beranggotakan santri dari berbagai wilayah di Sumsel ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo. Ganjar adalah pemimpin yang dikenal akan kedekatannya terhadap kalangan santri dan ulama di ponpes-ponpes yang ada di Jawa Tengah.

Pengasuh Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin, Ismail menyambut baik kedatangan relawan SDG Sumsel yang membantu pengembangan fasilitas ponpesnya. Dia tidak menampik adanya kebutuhan perbaikan jalan.

"Harapan kami, kalau lapangan dan jalannya sudah bagus, pondok pesantrennya bagus, akan lebih memudahkan pembelajaran. Karena kenyamanan dalam belajar itu sangat diutamakan. Dengan fasilitas yang mendukung itu, membuat pesantren itu baik, menjadi unggulan di tempatnya," tandasnya
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3138 seconds (0.1#10.140)