4 Patih Majapahit Paling Terkenal, Nomor Terakhir Mati karena Difitnah

Kamis, 12 Januari 2023 - 16:48 WIB
loading...
A A A
Gajah Mada menjadi seorang tokoh politik pada zaman itu telah memberikan inspirasi yang sangat besar bagi pembentukan negara kesatuan nusantara.

Keberhasilan mempersatukan bangsa yang heterogen ini telah memperkaya budaya bangsa menjadi bangsa yang besar dan berwibawa di mata negara tetangga.

2. Patih Gajah Enggon

Kematian Dyah Pitaloka, wanita yang dicintai Hayam Wuruk di Perang Bubat membuat Gajah Mada harus dicopot dari jabatannya. Karena kekosongan ini Hayam Wuruk lantas menunjuk Gajah Enggon sebagai Mahapatih selanjutnya.

Sayangnya, sepanjang Gajah Enggon menjabat sebagai Patih Majapahit, masih belum bisa menandingi bahkan meneruskan kekuasaan yang telah dibentuk oleh Gajah Mada.

Sehingga Majapahit justru semakin tenggelam, akhirnya Patih Gajah Mada kembali diangkat pada tahun 1359 dan diberi wilayah di Madakaripura, Tongas, Probolinggo.

Baca juga : Nestapa Lembu Sora Mati sebagai Pemberontak Kerajaan Majapahit

3. Patih Nambi

Nambi diketahui merupakan Patih pertama di Kerajaan Majapahit. Dia juga memiliki peran besar membangun kerajaan yang berada di Jawa Timur tersebut bersama Raden Wijaya.

Sayangnya, kesetiaan dan kinerjanya dalam merintis kerajaan yang terbilang masih baru tersebut harus dikhianati oleh orang licik yang diketahui yang punya julukan Mahapati. Peristiwa adu domba ini dilaksanakan ketika Raden Wijaya telah digantikan oleh Jayanegara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)