4 Patih Majapahit Paling Terkenal, Nomor Terakhir Mati karena Difitnah

Kamis, 12 Januari 2023 - 16:48 WIB
loading...
4 Patih Majapahit Paling Terkenal, Nomor Terakhir Mati karena Difitnah
Terdapat empat Patih Majapahit yang paling terkenal. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat Patih Majapahit yang paling terkenal. Ada yang menjadi tokoh licik dan penuh tipu muslihat, dan ada juga yang menjadi sosok pemersatu nusantara .

Sejak berdirinya Kerajaan Majapahit di tahun 1293 M, terdapat beberapa tokoh mulai dari raja, ratu hingga patih yang cukup terkenal dan hingga saat ini perjalanan hidupnya kerap dikisahkan.

Bila berbicara tentang Patih, maka kepopuleran Mahapatih Gajah Mada tentulah menutup nama nama Patih Majapahit lainnya karena kesuksesannya. Namun terdapat pula kisah dari Patih lainnya yang jarang diketahui.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Patih sendiri memiliki kedudukan yang sama seperti Menteri atau Gubernur di jaman sekarang. Mereka juga terkadang berperan sebagai penasihat Raja dalam menjalankan kekuasaannya.

Berikut empat patih Majapahit paling terkenal :

1. Patih Gajah Mada

Mengutip dari jurnal bertajuk "Gajah Mada Sang Mahapatih Pemersatu Nusantara di Bawah Majapahit Tahun 1336 M - 135 M", Mahapatih Gajah merupakan
seorang tokoh nasional pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Mahapatih ini dilantik oleh Ratu Tribuana Tunggadewi yang merupakan ibu dari Hayam Wuruk. Hal paling terkenal dari sosok Patih ini adalah Sumpah Palapa yang diucapkan.

Ketika masa Hayam Wuruk berkuasa, Gajah Mada menjadi satu Patih kepercayaannya. Puncak kekuasaan Kerajaan Majapahit juga diperoleh lewat dua tokoh ternama ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)