Belajar Online via Aplikasi, Forum Orang Tua Siswa Sayangkan Tanpa Uji Coba

Senin, 13 Juli 2020 - 15:57 WIB
loading...
Belajar Online via Aplikasi, Forum Orang Tua Siswa Sayangkan Tanpa Uji Coba
Ilustrasi belajar saat Pandemi COVID-19.Foto/dok
A A A
BANDUNG - Forum Orang Tua Siswa (Fortusis) Kota Bandung menyayangkan tak ada proses uji coba model pembelajaran untuk sekolah daring yang hari ini mulai dilaksanakan. Padahal, proses uji coba penting dilakukan untuk menentukan model belajar yang paling ideal dan tidak membingungkan siswa dan orang tua.

Hal itu disampaikan Fortusis menanggapi proses belajar online di Kota Bandung. Beberapa sekolah terpantau menggunakan aplikasi Edmodo. Penggunaan aplikasi tersebut membingungkan orang tua dan siswa. Bahkan, satu aplikasi pada handphone hanya bisa digunakan oleh satu siswa.

(Baca juga: Ridwan Kamil Usul Bayar Zakat Lewat e-Commerce hingga Minimarket )

"Kementerian Pendidikan kan katanya punya beberapa model pembelajaran jarak jauh. Mestinya pas libur itu diuji coba dulu. Jadi bisa tahu seperti apa. Mana yang paling efektif dan murah dan tepat guna, itu yang digunakan," beber Ketua Fortusis Kota Bandung Dwi Subawanto, Senin (13/7/2020).

Apalagi, kata dia, bila penggunaan aplikasi tersebut ternyata memberatkan orang tua. Terutama bagi orang tua yang tidak mampu membeli smartphone, akan menjadi persoalan. Terlebih bila satu perangkat handphone hanya bisa digunakan oleh satu siswa. Hal itu akan sangat memberatkan mereka.

(Baca juga: Kembali Belajar Daring, Siswa dan Wali Murid Mengaku Kebingungan )

"Coba kalau memang punya beberapa model, jangan dibuat aja, tapi dipakai dengan uji coba terlebih dulu. Jangan langsung diterapkan. Apalagi belum tentu semua masyarakat bisa mengakses android," tegas dia.

Dwi pun menyoroti banyaknya anggaran untuk Covid yang dimiliki pemerintah pusat dan daerah. Mestinya sebagianya bisa dipakai untuk sektor pendidikan. Jangan sampai, dengan dana sebesar itu, kebijakan yang dikeluarkan tetap membebani masyarakat.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7861 seconds (0.1#10.140)