Pemkot Palembang Belum Ajukan PSBB

Selasa, 28 April 2020 - 12:22 WIB
loading...
Pemkot Palembang Belum Ajukan PSBB
Pemkot Palembang Belum Ajukan PSBB. Foto/SINDOnews/Dede Feb
A A A
PALEMBANG - Pemkot Palembang sampai saat ini belum memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lantaran pengajuan yang diajukan belum memenuhi persyaratan yang ditentukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, pihaknya belum menyurati Pemprov Sumsel maupun pemerintah pusat terkait PSBB meski dukungan untuk pelaksanaan PSBB terus mendesak.

Menurutnya, Pemkot Palembang sebenarnya sudah hampir memenuhi semua persyaratan PSBB, seperti ketersediaan sarana prasarana kesehatan, ketersediaan jaring pengaman sosial dan persiapan sisi keamanan.

"Belum, yang beredar Pemkot Palembang sudah ajukan surat, tapi itu belum kita lakukan. Jika dilihat dari peta sebaran maka belum memenuhi syarat," ujar Ratu Dewa, Selasa (28/04/2020).

Meski belum memenuhi syarat, pemkot telah menyiapkan berbagai tindakan simulasi pencegahan untuk mengurangi mobilitas masyarakat mengingat kasus positif di Kota Palembang terus meningkat dan tertinggi di Sumsel.

"Pembentukan pos pemeriksaan di wilayah perbatasan Kota Palembang dengan mencegah kendaraan non-logistik masuk, serta imbauan mendesak kepada masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan sudah kita lakukan," jelasnya.

Sekda juga mengatakan, sesuai syarat PSBB yang telah ditetapkan Kemenkes, Kota Palembang hampir sepenuhnya sudah memenuhi ketentuan PSBB.

Namun, dilihat dari penyebaran virus Corona dari sisi peta penyebaran di 18 kecamatan yang ada, dua Kecamatan diantaranya negatif penyebaran virus Corona.

"Kriteria PSBB itu pertama jumlah sebaran, peningkatan jumlah. Kita lihat penyebarannya di 18 kecamatan itu didukung peta sebaran, di 18 kecamatan itu yang negatif penyebaran ada dua yakni Bukit Kecil dan Gandus, itu kalau kita lihat dari peta sebaran belum memenuhi syarat," ungkapnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)