Wedang Secang, Minuman Raja Majapahit yang Memiliki Banyak Khasiat Kesehatan

Kamis, 12 Januari 2023 - 05:05 WIB
loading...
Wedang Secang, Minuman Raja Majapahit yang Memiliki Banyak Khasiat Kesehatan
Ilustrasi wedang secang. Foto: Istimewa
A A A
WEDANG Secang merupakan minuman tradisional berwarna merah dari pewarna alami kayu Secang dan beraroma segar, karena mengandung banyak rempah. Siapa sangka, minuman ini favorit Raja Majapahit.

Wedang Secang hingga kini masih ada dan telah menjadi minuman tradisional masyarakat Jawa. Terbuat dari kayu Secang kering, serai, cengkih, kayu manis, dan gula pasir atau gula batu.

Cara membuat minuman ini juga sangat mudah. Semua bahan-bahan yang telah disebutkan, kemudian direndam dan direbus dengan air hingga aromanya tercium harum. Kemudian, disajikan dengan gula pasir atau gula batu.



Minuman tradisional khas Raja Majapahit ini memiliki banyak khasiat kesehatan. Kayu Secang memiliki senyawa aktif brazilin yang berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, dan antidiare.

Kayu Secang juga mengandung senyawa yang secara positif sitotoksik terhadap sel kanker, dan antitumor pada percobaan secara in vitro. Kayu Secang juga mampu menghambat aktivitas mikrobia, seperti staphylococcus aureus.



Kemudian menghambat mikrobia bacillus subtilis, escherichia coli, pseudomonous aeruginosa, klebsiella pneumonia, proteus vulgaris, candida albicans, dan terakhir mikrobia aspergillus niger.

Manfaat kayu Secang lainnya adalah menghambat aktivitas virus herpes simplex-1, polio, hepatitis secara in viro, mempunyai kemampuan menurunkan kadar gula darah, serta pelindung dari toksik atau racun.

Sumber tulisan:
Lily Arsanti Lestari, Kandungan Zat Gizi Makanan Khas Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, 2014.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)