6 Kecelakaan Maut Paling Mengerikan di Tahun 2022

Jum'at, 30 Desember 2022 - 06:36 WIB
loading...
A A A
6 Kecelakaan Maut Paling Mengerikan di Tahun 2022

Sebanyak 30 orang menjadi korban dalam kecelakaan truk trailer di depan SD Kota Baru 2, Kranji, Kota Bekasi. 10 orang di antaranya meninggal dunia.

Kecelakaan yang terjadi pada 31 Agustus 2022 ini bermula saat truk kontainer bermuatan besi melaju dari arah Bekasi menuju ke Cakung, tepat di depan sekolah kendaraan kehilangan kendali. Mobil oleng ke arah kiri jalan, menabrak sejumlah kendaraan dan tiang telekomunikasi hingga korban berjatuhan. Tujuh dari 10 korban meninggal dunia merupakan anak-anak yang bersekolah di SD Kota Baru 2 Kranji.

Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan mengatakan, dari hasil pemeriksaan, semua sistem rem bekerja bagus, tidak ada kerusakan sama sekali. Secara keseluruhan truk trailer tersebut laik jalan. KNKT menyatakan truk trailer itu mengalami kelebihan muatan hingga 200 persen.

Dari hasil pengecekan pada delivery order truk, muatan maksimal yang dapat diangkut truk sebesar 20 ton. Sementara, saat insiden maut terjadi, truk diduga mengangkut muatan seberat 55 ton.

Ahmad menyebut truk memiliki daya motor sebesar 191 Kw. Sesuai dengan perhitungan dalam aturan yang ada, muatan truk yang diperbolehkan hanya 5,5 dari daya motor, artinya truk seharusnya hanya boleh mengangkut beban maksimal 34,72 ton.

6. Bus Pariwisata Masuk Jurang di Magetan

6 Kecelakaan Maut Paling Mengerikan di Tahun 2022

Kecelakaan lalu lintas yang juga menelan banyak korban jiwa terjadi di Jalur Cemoro Sewu, Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022) siang. Bus pariwisata terjun ke dalam jurang sedalam 15 meter.

Data dari petugas, bus nahas bernopol H 1470 AG ini merupakan rombongan wisata berasal dari Manyaran, Semarang, Jawa Tengah hendak berwisata ke lokasi wisata telaga Sarangan. Namun setibanya di tikungan tajam, tepatnya di atas areal wisata Lawu Grend Forest Mojosemi, tiba-tiba bus hilang kendali dan diduga mengalami rem blong. Kemudian bus terjun ke dalam jurang.

"Dalamya jurang membuat kondisi bus ringsek, para penumpang di dalam bus yang terdiri orang tua, dan anak-anak banyak yang terjepit hingga menyebabkan 7 orang tewas serta puluhan luka parah," ujar Tarno saksi mana di lokasi kejadian.

Muhamad Romadhon, penumpang selamat saat kejadian mengaku terkejut setelah bus oleng, dan menabrak mobil di depanya, kemudian terjun ke dalam jurang setelah menabrak pagar pembatas jalan. "Saya kaget ketika bus tiba-tiba oleng dan jatuh ke jurang," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)