Sah! RSUD Syekh Yusuf Gowa Sulsel Jadi RS Pendidikan Utama

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:16 WIB
loading...
Sah! RSUD Syekh Yusuf Gowa Sulsel Jadi RS Pendidikan Utama
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf di Kabupaten Gowa, Sulsel berhasil menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama. Foto Antara
A A A
MAKASSAR - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Syekh Yusuf di Kabupaten Gowa, Sulsel berhasil menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama. RSUD Syekh Yusuf dinyatakan lulus setelah melewati serangkaian penilaian oleh Tim Penilai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).



"Penilaian kelulusan ini disampaikan setelah kelima surveyor dari Kemenkes melakukan visitasi lapangan ke Rumah Sakit Pendidikan Utama di RSUD Syekh Yusuf di Kabupaten Gowa" kata Direktur Utama RSUD Syekh Yusuf, dr Rahmawati Djalil di Gowa, Rabu (28/12/2022).

Dia mengatakan terkait visitasi ini, pihak RS sudah mempersiapkan sejak lama. Begitu pula persiapan dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah menyiapkan dokumen-dokumen standar yang harus disiapkan.

"Jadi melalui visitasi ini, ketika lulus penilaian, maka kami bisa menerima mahasiswa kedokteran, khususnya FKIK Unismuh Makassar dan itu sifatnya legal," kata dr Rahmawati.

Dengan berhasil menjadikan RSUD Syekh Yusuf Gowa, lanjut Rahmawati, pihaknya siap menerima mahasiswa atau lulusan dari fakultas kedokteran, termasuk, untuk FKIK Unismuh Makassar.

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia dr Andi Wahyuningsih Attas yang juga salah satu dari tim penilai menuturkan sebagai RS pendidikan, ada empat hal yang harus dilakukan yaitu pelayanan, pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Keempat hal itu harus berjalan apalagi kalau sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama.

"Secara umum dari standar 3 dan 4 insya Allah memenuhi syarat dan sudah siap, tinggal nanti teman-teman spesialis betul-betul meningkatkan komitmen sambil kita meminta dari rumah sakit dan fakultas kedokteran juga memperlihatkan komitmennya," kata Andi Wahyuningsih.

Sementara, drg Indra Rachmad Dharmawan yang juga salah satu dari tim penilai menyimpulkan, RSUD Syekh Yusuf Gowa lulus menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama.

"Selamat RSUD Syekh Yusuf lulus menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama, tapi dengan catatan ada perbaikan-perbaikan yang disampaikan oleh para asesor. Kami tunggu dua minggu lagi. Jadi dua minggu kami tunggu terkait dokumen-dokumen yang bisa diperbaiki," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)