Pengakuan Pujianto, Mantan Narapidana Teroris Ahli Merakit Senjata Api

Jum'at, 09 Desember 2022 - 17:17 WIB
loading...
A A A
"Pasti, mereka pasti akan mengkafirkan, memurtadkan orang-orang seperti kami yang sudah kembali ke NKRI. Konsekuensinya tidak main-main," jelasnya.



Bahkan ancaman dibunuh pernah diterimanya saat ia bebas dari lapas dan diminta kembali masuk ke jaringan teroris. Namun, sekali lagi Pujianto tetap kukuh pada prinsipnya untuk memahami konsep deradikalisasi.

"Kita tawakal kepada Allah saja, kalau mati sekarang ya sudah takdirnya. Minta penjagaan juga nggak mungkin. Tawakkal kepada Allah saja. Kalau saya mati saat ini, ya memang mati takdirnya," paparnya.

Kini dua tahun pasca bebasnya dari lapas, dia dan puluhan mantan napiter dari berbagai daerah diberdayakan di Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) binaan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).



Pujianto alias Raider Bakiyah mengelola kebun jagung di Kecamatan Turen dan beberapa usaha pemberdayaan secara ekonomi lainnya.

"Yang jelas ada perbedaan, karena kami di sini ini kan diberdayakan. Apapun ada ide yang teman-teman mantan eks akan merealisasikan, ada yang mau bertani, mau beternak, mau apa merealisasikan," ungkap dia.

Dari hasil pengelolaan pertanian jagung misalnya, hasilnya penjualan ke perusahaan itu kemudian disetorkan ke koperasi yang dikelola bersama. Selanjutnya hasil itu akhirnya juga bisa dinikmati dirinya, para mantan napiter, termasuk warga sekitar yang turut berpartisipasi di KTN.

"Dari benih sampai panen ini hasilnya masuk koperasi dari koperasi untuk kembali pada kita. Yang kita punya ide apa akan dikembalikan dalam bentuk modal, ini luas. Di sana ada peternakan, ada perikanan, ini semua belum datang," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2928 seconds (0.1#10.140)