Digitalisasi Manajemen Talenta ASN Cara Ganjar Cegah Jual Beli Jabatan

Kamis, 08 Desember 2022 - 12:17 WIB
loading...
A A A
''Pemprov Jateng sangat layak untuk mendapatkan penghargaan dan special mention komitmen dengan melihat komitmen pimpinan dan di dukung oleh SDM yang unggul sehingga dapat memperoleh pencapaian yang luar biasa,'' tandasnya.

Kepala BKD Jateng Wisnu Zaroh mengatakan, di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo, Jateng berhasil melakukan transformasi pengelolaan SDM aparatur ke arah digital yang berbasis integritas, profesionalitas, dan kompetensi. Menurut Wisnu, sebelumnya seleksi jabatan menggunakan closed career system. Dalam sistem ini, integritas belum jadi syarat mutlak, dilaksanakan tertutup, dan berdasarkan senioritas.

Wisnu mengatakan, kini Ganjar memakai model open cereer system. Dengan system ini integritas jadi syarat mutlak, seleksi berkeadilan, serta berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

''Transformasi dalam pengisian jabatan, harapannya mendapatkan pemimpin yang berintegritas. Untuk seleksi eselon III misalnya, kami melacak rekam jejak calon misalnya, atasannya siapa, keseharian dia saat kuliah, nilai akademiknya, temannya siapa, kegiatan organisasinya. Untuk seleksi eselon II, kami bahkan mengecek track record-nya saat dia sekolah SMA,'' tambahnya.

Komitmen Ganjar Pranowo dalam tranformasi tersebut pun mendapatkan apresiasi dari BKN. Pada ajang BKN Award 2022, Jateng memborong tiga penghargaan yaitu kategori Special Mention Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN, Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, serta Penerapan pemanfaatan data sistem informasi dan CAT.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7524 seconds (0.1#10.140)