10 Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Ditemui Keberadaannya hingga Sekarang

Selasa, 06 Desember 2022 - 11:02 WIB
loading...
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Ditemui Keberadaannya hingga Sekarang
Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia . Tak heran bila banyak peninggalan kerajaan yang masih ditemui keberadaannya.

Adapun peninggalan benda bersejarah kerajaan Majapahit itu berupa situs, candi, prasasti, Kitab dan sebagainya yang sampai sekarang bisa ditemui keberadaannya.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (5/12/2022), berikut deretan peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih bisa ditemukan keberadaannya.

1. Candi Tikus

Candi Tikus memiliki bangunan yang berbentuk seperti petirtaan, yang pada dulunya digunakan untuk tempat pemandian para keluarga kerajaan. Candi ini terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

2. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Candi ini dibangun pada 1451 sampai dengan 1470 ketika Majapahit masih berpengaruh di wilayah jawa.

3. Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Candi ini diperkirakan dibangun pada akhir sebelum mengalami keruntuhan tepatnya pada masa pemerintahan Ratu Suhita.

4. Situs Trowulan

Situs Trowulan terletak di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Situs ini menjadi bagian dari peninggalan Majapahit yang dijadikan tempat tinggal, karena ada banyak temuan pasar, sawah, dan lain sebagainya.

Baca juga : Nestapa Lembu Sora Mati sebagai Pemberontak Kerajaan Majapahit

5. Candi Penataran

Candi penataran terletak di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Candi ini berdiri pada abad ke 12 dan sering dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk.

6. Candi Jabung

Candi Jabung terletak di Dusun Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Candi ini berdiri pada 1354 M dan saat ini dijadikan objek pariwisata yang tak sepi pengunjung.

7. Candi Wringin Lawang

Candi ini terletak di Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini berbentuk seperti gapura yang berfungsi sebagai pintu masuk para bangsawan kerajaan.

8. Candi Brahu

Candi Brahu terletak di wilayah dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini didirikan pada abad ke 15 yang dijadikan sebagai tempat pembakaran jasad dari para Raja Brawijaya.

9. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu berada di wilayah Kecamatan Trowulan, Mojokerto yang didirikan pada abad ke 14 Masehi. Candi Bajang Ratu memiliki bentuk seperti gapura yang digunakan sebagai pintu masuk ke sebuah bangunan suci.

10. Candi Pari

Candi Pari terletak di Wilayah Porong Sidoarjo. Candi Pari memiliki bentuk seperti pura yang ada di wilayah Bali, yang digunakan sebagai tempat untuk pemujaan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)