Ada Pergerakan Tanah di Borobudur, Rekahan Muncul Usai Hujan

Kamis, 01 Desember 2022 - 19:41 WIB
loading...
Ada Pergerakan Tanah di Borobudur, Rekahan Muncul Usai Hujan
Sejumlah warga memeriksa rekahan tanah akibat pergerakan tanah, di Dusun Miriombo Wetan, RT 4 RW 6, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (1/12/2022). Foto/Ist.
A A A
MAGELANG - Rekahan tanah muncul di halaman rumah-rumah warga di Perbukitan Menoreh, Kabupaten Magelang. Rekahan tanah yang muncul usai hujan tersebut, diduga dipicu oleh pergerakan tanah.



Salah satu titik munculnya rekahan tanah itu, ada di RT 4 RW 6 Dusun Miriombo Wetan, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Bahkan, salah satu rumah warga yang diketahui bernama Warto terancam longsor.



Rekahan tanah tersebut juga mengancam tiga rumah lainnya, yakni milik Mulyadi, Muslih, dan Amin.Hujan mengguyur desa tersebut selama sekitar empat jam, mengakibatkan tanah di samping rumah milik Warto retak panjang 20 meter. "Lebar retakan mencapai sekitar 15 cm," terang Warto.



Peristiwa pergerakan tanah tersebut, telah dilaporkan ke BPBD Kabupaten Magelang. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, di sekitar lokasi rekahan tanah dipasangi alat early warning system (EWS). Selain itu, juga sudah dilakukan pemotongan pohon dibawahnya, dan pembuatan drainase untuk pembuangan air.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)