Kejati Jatim Kembali Terima Pelimpahan Berkas Perkara Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 22 November 2022 - 09:17 WIB
loading...
Kejati Jatim Kembali Terima Pelimpahan Berkas Perkara Tragedi Kanjuruhan
Penyidik Polda Jawa Timur (Jatim) kembali menyerahkan tiga berkas perkara tragedi Kanjuruhan, Malang, ke Kejaksaan Tinggi.
A A A
SURABAYA - Penyidik Polda Jawa Timur (Jatim) kembali menyerahkan tiga berkas perkara tragedi Kanjuruhan , Malang, ke Kejaksaan Tinggi (Kejati). Tiga berkas tersebut terdiri dari enam tersangka.

Pertama adalah berkas perkara dengan tersangka Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita. Dia dijerat Pasal 359 KUHP dan atau Pasal 360 KUHP dan atau Pasal 103 ayat (1) Jo Pasal 52 UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Berkas perkara kedua adalah tersangka Ketua Panpel Arema FC Abdul Haris, dan Security Officer Suko Sutrisno yang dijerat Pasal 359 KUHP dan atau Pasal 360 KUHP dan atau Pasal 103 ayat (1) Jo Pasal 52 UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Baca juga: Dampak Gempa Cianjur 162 Tewas, Kebanyakan Korban Anak-anak

Ketiga adalah berkas perkara dengan tersangka Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi dan Komandan Kompi Brimob Polda Jatim AKP Hasdarman. Ketiganya dijerat Pasal 359 KUHP dan atau Pasal 360 KUHP.

"Berkas perkara itu diserahkan penyidik Polda Jatim pada Senin (21/11/2022) sore sekitar pukul 15.45 WIB," kata Kasi Penkum Kejati Jatim, Fathur Rohman.

Sebelumnya, jaksa peneliti mengembalikan (P19) ketiga berkas tersebut ke penyidik Polda Jatim. Fathur menjelaskan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan meneliti kembali tiga berkas perkara tersebut paling lama 14 hari.

Apabila tidak lengkap, Kejati akan mengembalikannya lagi ke penyidik Polda. "Jika belum lengkap, akan kami kembalikan lagi ke penyidik. Namun jika sudah lengkap, maka akan dilanjutkan pelimpahan berkas tahap II," imbuh Fathur.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan, petunjuk formil dan materiil arahan JPU sudah dilengkapi oleh penyidik. "Benar, penyidik menyerahkan kembali berkas perkara Kanjuruhan ke JPU Kejati Jatim,” katanya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (11.252#12.26)