Siaga Bencana, Brimob Polda Jabar Siagakan Peralatan dan Personel SAR

Sabtu, 19 November 2022 - 19:36 WIB
loading...
Siaga Bencana, Brimob Polda Jabar Siagakan Peralatan dan Personel SAR
Brimob Polda Jabar, menyiagakan personel dan peralatan pendukung untuk mengantisipasi potensi bencana alam di Jabar. Foto/Dok.Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Siaga terhadap terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrem, Satuan Brimob Polda Jabar, mulai menyiagakan berbagai peralatan dan personel SAR. Mereka siap digerakkan ke berbagai wilayah di Provinsi Jabar, untuk menangani korban bencana alam.



Komandan Satuan Brimob Polda Jabar, Kombes Pol. Yuri Karsono mengatakan, personel SAR dan peralatan pendukung dalam penanganan bencana alam, telah disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Jabar.



"Kami dari jajaran Satuan Brimob Polda Jabar, telah menyiagakan baik personel SAR beserta peralatan-peralatan pendukung yang siap digunakan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Jabar," tegas Yuri, Sabtu (19/11/2022).



Yuri juga menegaskan, seluruh personel SAR Brimob Polda Jabar, termasuk peralatan yang disiagakan bakal langsung diterjunkan ke lokasi bencana yang bisa terjadi kapan saja."Kami siap siaga apabila digerakkan sewaktu-waktu dalam penanganan bencana alam," katanya.

Satuan Brimob Polda Jabar, juga telah melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam yang digelar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (18/11/2022)."Kegiatan itu merupakan salah satu wujud Bakti Brimob, dalam menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat," kata Yuri.

Sementara itu, dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam itu, Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meminta kepala daerah kabupaten dan kota di Jabar, bersikap proaktif dalam mengantisipasi adanya bencana alam.



Uu menekankan, pihaknya tak berharap pemerintah baru bergeraksetelah bencana terjadi dan ada korban. "Saya minta waspada, karena curah hujan saat ini tinggi, serta punya potensi longsor dan banjir lebih sering," tegasnya.

Dia juga mengatakan, apel kesiapsigaan bencana alam menjadisalah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengantisipasi bencana alam.Melalui apel kesiapsiagaan, kata Uu, pemerintah akan lebih mudah mengantisipasi bencana alam di wilayahnya masing-masing.

"Selain apel kesiapsiagaan, aparat kewilayahan di tingkat kecamatan juga harus proaktif dalam melihat potensi bencana alam, dengan mendata titik-titik rawan bencana di wilayahnya masing-masing," tandas Uu.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)