Angka Stunting di Sultra Tertinggi ke-5 Nasional, Gubernur Salahkan Ibu Hamil karena Diet

Sabtu, 19 November 2022 - 16:14 WIB
loading...
Angka Stunting di Sultra Tertinggi ke-5 Nasional, Gubernur Salahkan Ibu Hamil karena Diet
Gubernur Sultra, Ali Mazi. Foto: Rusli/SINDOnews
A A A
KOLAKA UTARA - Angka stunting di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menempati urutan ke-5 secara nasional dengan jumlah kasus sebesar 30,2 persen. Hal ini sesuai Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021.

Menurut Gubernur Sultra, Ali Mazi, salah satu yang menjadi faktor penyebabnya, yakni diet disaat sedang hamil.

"Bukan sepenuhnya kesalahan pemerintah, namun ibu hamil itu sendiri kurang perhatikan kondisi kesehatannya dan bahkan melakukan diet, karena takut gemuk. Anaknya pun lahir dan tumbuh kerdil," ujar Ali Mazi, usai membuka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang dipusatkan di Kabupaten Kolaka Utara, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga: Tekan Angka Stunting, Jabar Kukuhkan Duta Penurunan Stunting

Sebagai salah satu provinsi dengan prevalensi angka stunting tertinggi di Indonesia, Ali Mazi mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan penanganan guna menekan pada angka stunting 16,79 persen pada 2024.

Ia sendiri meminta kepada seluruh pihak, termasuk jajaran pemerintah kabupaten dan kota di Sultra gencar mensosialisasikan hingga ke pelosok.

Baca: Stunting dan Masa Depan Indonesia

"Kaum perempuan khususnya para ibu hamil perlu mendapat penjelasan gamblang terkait faktor-faktor penyebab stunting dan upaya menghindarinya," sambungnya.

Untuk diketahui, angka stunting di kabupaten dan kota Sultra, paling banyak ditemukan di wilayah Buton Selatan (Busel) sebesar 45,2 persen dan terendah, yakni Kabupaten Kolaka Timur dengan jumlah kasus 23 persen.
(san)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1659 seconds (10.55#12.26)