Pemprov Jawa Barat Luncurkan Platform Pion Jabar, Ini Manfaatnya

Selasa, 08 November 2022 - 20:42 WIB
loading...
Pemprov Jawa Barat Luncurkan Platform Pion Jabar, Ini Manfaatnya
Peluncuran platform Pion Jabar yang diimplementasikan di lingkungan Pemprov Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat meluncurkan platform Penjaminan Online Jawa Barat (Pion Jabar). Platform ini diimplementasikan di lingkungan pemerintah.

Penerapannya dilakukan khususnya pada proses pengadaan barang dan jasa yang dilengkapi layanan digital milik Peruri yaitu Peruri code, tanda tangan elektronik Peruri sign, stempel digital Peruri tera dan materai elektronik.

Baca juga: Blusukan ke Warkop Digital Bogor, Airlangga: UMKM Digital Kunci Pemulihan

Platform ini dibuat Pemprov Jawa Barat bekerja sama dengan Peruri dan PT Solusi Penjaminan Aman. Dokumen jaminan pada proses pengadaan sebelumnya masih menggunakan metode konvensional. Sehingga selama ini memerlukan waktu dan biaya lebih banyak.

“Kami mengapresiasi upaya Pemprov Jawa Barat yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada publik, dalam hal ini adalah bank asuransi, pelaku usaha maupun vendor. Proses pekerjaan (proses pengadaan) menjadi lebih mudah dan cepat namun tetap efektif dan akuntabel,” kata Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Gatot Pambudhi Poetranto dikutip Selasa (8/11/2022).

Pion Jabar memudahkan dan mempercepat para penyedia dalam membuat jaminan yang dibutuhkan. Jika sebelumnya pada proses konvensional memerlukan waktu 4-7 hari, maka dengan penjaminan online dapat memangkas waktu menjadi 1-3 hari.

Hal terpenting dalam proses penjaminan online ini adalah sudah dibekali dengan produk-produk digital security milik Peruri. Dengan demikian dokumen penjaminan mudah untuk diidentifikasi keasliannya dan tidak dapat dipalsukan.

Baca juga: 3 Raja Nusantara yang Memiliki Umur Panjang, dari Kerajaan Majapahit hingga Demak

Beberapa manfaat digitalisasi pada proses penerbitan jaminan pengadaan adalah kemudahan penerbitan dokumen, kesesuaian dengan peraturan, kemudahan dalam pengecekan keaslian dokumen, kemudahan dalam proses pencairan jaminan pengadaan.

Kepala Divisi Produk Digital Peruri, Farah Fitria menjelaskan, pihaknya mendukung penuh keberadaan platform penjaminan online ini.

"Fitur-fitur sekuriti yang dimiliki Peruri sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Sehingga polis asuransi dan bank yang diterbitkan penjaminan online dapat dijaminkan keaslian dan keamanannya," ujar Farah.

Pion Jabar secara resmi diluncurkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Barat, Taufiq Budi Santoso dan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jawa Barat, Nining Yuliasetiani.

Peluncuran juga disaksikan secara langsung oleh Kepala Divisi Pemasaran Strategis Peruri, Hari Sukmono; CEO PT Solusi Penjaminan Aman, Davy Sumolang; Direktur Utama PT Jamkrida Jawa Barat, Yanti Rachmawati.

Bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), manfaat Pion Jabar dapat mengurangi fraud. Sebab, Peruri code dapat dijaminkan keasliannya dan tidak dapat dipalsukan.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3718 seconds (11.252#12.26)