Kerja Sama Unissula dengan PT Belanda dan Prancis Kian Erat

Jum'at, 05 Desember 2014 - 10:34 WIB
Kerja Sama Unissula dengan PT Belanda dan Prancis Kian Erat
Kerja Sama Unissula dengan PT Belanda dan Prancis Kian Erat
A A A
SEMARANG - Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menguatkan kerja sama dengan tiga perguruan tinggi (PT) yang ada di Belanda dan Prancis.

Ketiga PT tersebut antara lain Rotterdam University, Islamic University of Rotterdam, dan Universite de Nantes. Melalui penguatan kerja sama tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat kerja sama, khususnya untuk peningkatan mutu pendidikan ke depannya. Kerja sama tersebut ditandai dengan kunjungan Rektor Unissula Anis Malik Thoha dan rombongan ke tiga universitas itu awal bulan ini.

‘’Kerja sama di bidang pendidikan itu, di antaranya kami mengirim dosen untuk kuliah program doktor di sana, pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian, dan transfer perkuliahan. Selain berkunjung ke tiga universitas tersebut, kami juga mengunjungi HHSK (Hoogheemraadschap van Schieland en de Krimpenerwaard) Water Board yang ada di Belanda, untuk mengetahuibagaimanapengelolaan air di sana,’’ ucapnya kemarin.

Khusus dengan Rotterdam University Belanda, kerja sama yang dilakukan Unissula kini sudah berjalan. Unissula sudah mengirimkan mahasiswanya ke Rotterdam University dalam rangka pertukaran mahasiswa. Sebaliknya, 14 mahasiswa dari Rotterdam University sudah dikirim ke Unissula untuk melakukan penelitian dan program lainnya.

“Kita baru bisa mengirim tiga. Ke depan akan ditambah lagi jumlah mahasiswa kita yang akan dikirim ke sana. Oleh sebab itu, kami meminta kepada para dosen agar menguatkan pembelajarannya sehingga para mahasiswa yang akan dikirim memenuhi persaratan, baik dari nilai akademiknya, maupun kemampuan komunikasinya,” paparnya.

Anis berharap kerja sama yang sudah berjalan dengan Rotterdam University dapat dikuatkan lagi. Begitu juga dengan Islamic Rotterdam University dan Universite de Nantes yang ada di Prancis dapat dilakukan langkah serupa.

Guru besar dari Fakultas Teknik Unissula Prof S Imam Wahyudi menyebutkan, kerja sama yang bisa dilakukan dengan PT di Belanda dan Prancis tersebut akan memberikan manfaat kepada Unissula ke depannya.

Susilo Himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4243 seconds (0.1#10.140)