Biaya Perbaikan 3 Tiang Fender Jembatan Batanghari yang Rusak Ditabrak Kapal Rp15 Miliar

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:15 WIB
loading...
Biaya Perbaikan 3 Tiang Fender Jembatan Batanghari yang Rusak Ditabrak Kapal Rp15 Miliar
3 pilar tiang fender (pengaman jembatan) Jembatan Batanghari (Aurduri) 1, Jambi, rusak ditabrak kapal tongkang batu bara. Foto/Azhari Sultan Jambi
A A A
JAMBI - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi Ibnu Kurniawan mengatakan dari hasil pendataan terdapat 3 pilar tiang fender (pengaman jembatan) Jembatan Batanghari (Aurduri) 1 yang rusak ditabrak kapal tongkang batu bara.

Dari hasil perkiraan perbaikan ketiga tiang fender di Jembatan Batanghari 1 tersebut nilainya bisa mencapai angka Rp15 miliar.

“Untuk konsep desain perbaikan tendernya saja, itu butuh anggaran Rp4-5 miliar untuk 1 pilar," ungkap Ibnu, Minggu (19/5/2024).



Dia mencontohkan, untuk Jembatan Batanghari 1 ada 3 pilar yang rusak. “Itu yang sudah kelihatan mata. Hitung saja bila 1 fender Rp5 miliar, 3 fender sudah Rp15 miliar yang harus dikeluarkan,” katanya.

Jumlah itu belum termasuk kerusakan pada Jembatan Muaratembesi di Kabupaten Batanghari, Jambi, yang mengalami kejadian serupa.

Dia menambahkan, saat rapat bersama pihak perkumpulan pengusaha tambang batubara (PPTB) Jambi pada Rabu lalu, bahwa yang akan memperbaiki kerusakan jembatan dari pihak PPTB.

"Itu memang keinginan mereka yang disampaikan saat rapat di Kantor Gubernur," jelas Ibnu.

Menurut dia, perbaikan jembatan yang rusak tersebut, katanya (pihak PPTB) merupakan bentuk kepedulian mereka.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)
pixels