Ribuan Warga Papua Longmarch 5 Jam Membawa Jenazah Filep Karma ke Pemakaman

Kamis, 03 November 2022 - 04:12 WIB
loading...
Ribuan Warga Papua Longmarch 5 Jam Membawa Jenazah Filep Karma ke Pemakaman
Ribuan warga longmarch membawa jenazah Filep Karma ke pemakaman. Foto: Chanry/SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Ribuan warga Papua, mengantar jenazah Filep Jacob Semuel Karma ke tempat peristirahatan terakhirnya, di pemakaman umum Batas Kota, Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua.

Arak-arakan pengantaran jenazah Filep Karma melewati ruas jalan utama hingga ke lokasi pemakaman. Massa bertambah banyak saat arak-arakan memasuki wilayah Abepura.

Ribuan warga Papua pun langsung bergabung dan melakukan long march ke lokasi pemakaman. Arak-arakan membawa jenazah ini dilakukan sejauh 5 jam, dari rumah duka di Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.



Jenazah mulai dibawa dari rumah duka pukul 14.30 WIT dan baru tiba di pemakaman sekitar pukul 19.30 WIT.

Di antara rombongan pengarak jenazah itu ada pendeta John Baransano. Dikatakan, pemulasaran jenazah Filep Karma berjalan aman dan lancar hingga selesai.

"Hadir ribuan masyarakat Papua untuk ikut mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Aparat kepolisian juga ikut mengawal jalannya proses pemakaman," katanya, Rabu (2/11/2022).



Selain karena jarak yang jauh, lamanya arak-arakan juga disebabkan adanya beberapa kali perdebatan alot dengan polisi. Mulai dari permintaan agar massa tidak mengibarkan bendera Bintang Kejora, hingga rute perjalanan.

Selain itu, massa pun melakukan long march mulai dari Distrik Abepura hingga ke lokasi pemakaman. Hal itu kemudian mengakibatkan proses pemakaman harus dilaksanakan di malam hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2292 seconds (0.1#10.140)