Polisi Gandeng Komnas HAM Ungkap Penyebab Meninggalnya Filep Karma

Selasa, 01 November 2022 - 19:41 WIB
loading...
Polisi Gandeng Komnas HAM Ungkap Penyebab Meninggalnya Filep Karma
Kepolisian menggandeng Komnas HAM Papua untuk mengungkap meninggalnya tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) Filep Samuel Jacob Karma di Pantai BaseG, Jayapura. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Kepolisian menggandeng Komnas HAM Papua untuk mengungkap meninggalnya Filep Samuel Jacob Karma (63). Tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu ditemukan tergeletak tak bernyawa bersama dua senapan ikan dan pelampung.

Filep Karma yang merupakan aktivis kemerdekaan Papua ditemukan meninggal di Pantai Base'G, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Selasa (1/11/2022).


"Digandengnya Komnas HAM Papua agar lebih transparan," kata Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor Mackbon.

Kapolresta menjelaskan, polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut, mengingat korban ditemukan meninggal sekitar pukul 05.00 WIT.

Saat itu, warga hendak menyelam untuk menangkap ikan, kemudian menemukan korban sudah tergeletak dengan kondisi tubuh membengkak di bibir pantai.

Dari hasil identifikasi korban diketahui bernama Filep Karma, warga Dok V, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Saat ini jenazah sudah dibawa ke rumah duka di kawasan Dok V Atas.



"Tim dokter RS Bhayangkara sudah melakukan visum luar, namun tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan," kata Kombes Mackbon.

Kapolresta menyatakan, pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi terhadap jenazah korban yang ditegaskan dalam surat pernyataan penolakan autopsi.



Surat pernyataan penolakan autopsi itu dilakukan guna mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Dari keterangan pihak keluarga terungkap komunikasi terakhir dengan korban pada Kamis (27/10/2022).

"Keluarga mengungkapkan, korban keluar rumah dengan tujuan ingin menyelam untuk menangkap ikan," kata Kombes Pol Victor Mackbon.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)