Bupati Lamandau Temui Puluhan Pelaku UMKM untuk Berdialog Tingkatkan Mutu dan Daya Saing

Rabu, 02 November 2022 - 10:19 WIB
loading...
Bupati Lamandau Temui Puluhan Pelaku UMKM untuk Berdialog Tingkatkan Mutu dan Daya Saing
Foto: Doc. Pemkab Lamandau
A A A
Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kabupaten Lamandau, Kalteng menggelar kegiatan Vocasional dan Branding sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta mendukung peningkatan kualitas produk-produk usaha IKM.

“Kegiatan ini diselenggarakan hanya untuk pelaku usaha kecil dan menengah maju dan berkembang sehingga dapat meningkatkan kualitas produk dan branding usahanya, lebih bermutu dan berdaya saing,” ungkap Bupati Hendra saat membuka acara yang diikuti sekitar puluhan pelaku UMKM, Selasa (1/11/2022).

Ia mengatakan, UMKM menjadi salah satu kekuatan penopang perekonomian ditengah ancaman inflasi pada kondisi pandemi dan situasi global saat ini.

“Selain kegiatan ini, beberapa waktu lalu, pemerintah daerah juga telah menyalurkan bantuan stimulan modal bagi 178 pelaku IKM, ini menjadi bukti bahwa Pemkab Lamandau konsen dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat.”

Ia berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik serta dapat memperoleh manfaat bagi perkembangan usaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Lamandau.

Kepala DKUKMPP Lamandau, Penyang Lanen mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut agar para pelaku IKM di Lamandau mampu meningkatkan kualitas produk dan memiliki pengetahuan terkait pengemasan dan pemasarannya.

“Pada kegiatan ini, Kami menggandeng Dinas Perijinan dan LPSE, dengan harapan para pelaku usaha yang mengikuti kegiatan ini dapat terlibat dalam E-Katalog dalam pemasaran produk usahanya,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemerintah daerah akan menggunakan E-Katalog untuk memenuhi kebutuhan belanja kebutuhan yang disitu terpajang produk-produk UMKM lokal.

“Dengan mengikuti kegiatan ini para pelaku usaha juga dapat mengurus Nomor Ijin Berusaha (NIB) melalui Dinas Perijinan Lamandau sebagai syarat mendapatkan bantuan stimulan bagi pelaku IKM.”
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)