Ramaikan Fintech Lending Days di Jogjakarta, PinjamDuit Beri Edukasi Keuangan Digital

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 01:53 WIB
loading...
Ramaikan Fintech Lending Days di Jogjakarta, PinjamDuit Beri Edukasi Keuangan Digital
Fintech Lending PinjamDuit mengikuti Fintech Lending Days Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta.
A A A
JOGJAKARTA - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Fintech Lending Days Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara ini ajang untuk sosialisasi dan edukasi pada masyarakat, khususnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) mengenai layanan pendanaan para perusahaan Fintech Pendanaan Bersama di Indonesia.

Fintech Lending berizin dan diawasi OJK, PinjamDuit (PT Stanford Teknologi Indonesia) ikut berpartisipasi meramaikan gelaran Fintech Lending Days Yogyakarta. Mengangkat tema Pemanfaatan Pendanaan Alternatif UMKM Yogyakarta Melalui Fintech Pendanaan Bersama” acara ini digelar di Hotel Alana Hotel & Convention Centre, Jogjakarta selama dua hari 25-26 Oktober 2022. Agendanya Speed Dating, UMKM Visit dan UMKM Exhibition & Talk Show.

Baca juga: Bulan Inklusi Keuangan 2022, Fintech P2P Ini Genjot Literasi melalui Berbagai Media

”Kami menyambut baik inisiatif AFPI dalam mendukung pertumbuhan Fintech Pendanaan Bersama di kota Yogyakarta ini dan dapat turut mendukung acara Fintech Lending Days untuk meningkatkan edukasi dan literasi keuangan masyarakat khususnya pengetahuan terkait keuangan digital guna mendorong percepatan inklusi keuangan dengan kolaborasi dukungan penuh dari sektor swasta dan pemerintah”, ujar Chief Commercial Officer PinjamDuit, Victrin Christy, Kamis (27/10/2022).

Saat ini PinjamDuit sudah menyalurkan pinjaman sebesar Rp3,2 triliun kepada lebih dari 800 ribu pengguna di seluruh Indonesia. Untuk penyaluran pinjaman tercatat ada sebanyak 2.157.204 kali penyaluran pinjaman sejak Agustus 2018 sampai dengan saat ini.

Total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending (P2PL) atau fintech lending yang berizin dan diawasi OJK adalah sebanyak 102 penyelenggara. Kehadiran fintech di Indonesia, di satu sisi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terlebih saat kalangan underserved dan unbanked masih banyak tersebar di berbagai wilayah, termasuk bagi para pelaku UMKM.

Berdasar data statistik OJK, industri fintech lending mencatatkan akumulasi penyaluran kredit mencapai Rp 436,12 Triliun hingga Agustus 2022 dengan total pemberi pinjaman sebanyak 945.000 entitas dan peminjam sebanyak 88,21 juta entitas .

Program Fintech Lending Days Yogyakarta yang mengusung konsep hybrid dengan menghadirkan peserta secara offline maupun online (via Zoom) memberikan literasi keuangan secara masif dan lebih dekat.

Dengan target 150 peserta online dan lebih dari 200 peserta UMKM dan mahasiswa secara offline, acara Fintech Lending Days Yogyakarta ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara para pelaku usaha mikro atau wirausahawan dengan penyelenggara fintech lending untuk dapat saling memberikan dampak positif dan pengembangan bisnis bersama.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2249 seconds (10.55#12.26)