Perluas Kepesertaan Masyarakat Wujud Dukungan Bupati Pasangkayu pada BPJS Kesehatan

Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:57 WIB
loading...
Perluas Kepesertaan Masyarakat Wujud Dukungan Bupati Pasangkayu pada BPJS Kesehatan
Foto: Doc. Pemkab Pasangkayu
A A A
Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa akan mendukung BPJS Kesehatan untuk melakukan perluasan kepesertaan bagi masyarakat, hal ini sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 yang salah satu isinya mengenai percepatan perluasan kepesertaan program JKN.

“Jumlah Peserta JKN di Kabupaten Pasangkayu sejumlah 127.104 jiwa dari 192.251 jumlah penduduk. Tujuannya agar seluruh penduduk Kabupaten Pasangkayu terjamin dalam Program JKN, maka dari itu BPJS Kesehatan menggandeng pemerintah daerah melalui peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU),"ungkap Yaumil usai menerima Kepala BPJS Kesehatan Pasangkayu Lutfy Alman P Amba, diruangan kerja bupati Rabu (26/10/2022).

Lanjut mantan Ketua DPRD ini, mengungkapkan, salah satu segmen kepesertaan yang masih rendah jumlah kepesertaanya terletak di segmen peserta PBPU pemda baru sekitar 16.460 jiwa. Untuk itu Pemda bersama BPJS Kesehatan untuk mencari format yang tepat bisa memperluas jumlah kepesertaan Program JKN di Kabupaten Pasangkayu.

Untuk itu Yaumil mengharapkan BPJS Kesehatan Pasangkayu bersama Pemkab untuk terus melakukan sosialisasi ke masyarakat hal ini mendukung program pembangunan jangka panjang, dimana diharapkan 2024 Kabupaten Pasangkayu cakupan program JKN bisa mencapai 97 persen.

Di samping itu, penyiapan fasilitas kesehatan yang memadai akan terus digalakkan bersama di 12 kecamatan sehingga harapannya akan dapat membantu memenuhi kebutuhan akses pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Pasangkayu.

Harapannya layanan kesehatan ini dapat meningkatkan standar, sehingga nantinya akses layanan kesehatan bisa lebih mudah. Kerja sama BPJS kesehatan juga dapat lebih mudah dengan tetap melibatkan berbagai pihak sebagai kader JKN untuk terus melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)