Wujudkan Kurikulum Merdeka, Jabar Terapkan Gerakan 7 Harkat

Selasa, 25 Oktober 2022 - 01:57 WIB
loading...
Wujudkan Kurikulum Merdeka, Jabar Terapkan Gerakan 7 Harkat
Kadisdik Jabar mengenakan selempang kepada siswi SMKN 3 Kota Cimahi dalam pembukaan Gerakan 7 Harkat sebagai implementasi kurikulum merdeka. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menggagas cara kreatif untuk mencetak pelajar yang Pancasilais sekaligus mewujudkan sekolah ramah anak lewat penerapan Gerakan 7 Hari Berkarakter (Harkat).

Gerakan 7 Harkat yang diinisiasi Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VII Jabar ini merupakan implementasi kurikulum merdeka belajar yang digulirkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Kepala Cadisdik Wilayah VII Jabar, Firman Oktora mengatakan, implementasi Gerakan 7 Harkat juga selaras dengan pendidikan karakter khas Jabar, yaitu Jabar Masagi yang mengangkat kearifan lokal Jabar.

"Kita terapkan secara konkret dan tematik melalui Gerakan 7 Harkat. Di wilayah Cabang Dinas Wilayah VII dilaksanakan secara serentak dan kreatif di SMA, SMK dan SLB se-Kota Bandung dan Cimahi," kata Firman Oktora, Senin (24/10/2022).

Firman lantas menjelaskan tema masing-masing hari pada Gerakan 7 Harkat tersebut. Senin, lanjut Firman, Gerakan 7 Harkat bercerita tentang wawasan kebangsaan, Selasa (wawasan global), dan Rabu (literasi dan lingkungan hidup).

Kemudian, pada Kamis gerakan tersebut bercerita mengenai wawasan lokal, Jumat (sehat jiwa raga), Sabtu (rumahku istanaku), dan Minggu (sosial-kemanusiaan).

"Gerakan 7 Harkat ini bukan hanya membentengi peserta didik di lingkungan sekolah saja. Hari keenam dan ketujuh itu merupakan kegiatan di luar sekolah. Artinya, Gerakan 7 Harkat ini mengacu pada Tripusat Pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat," jelas Firman.

Guna menyosialisasikan tema-tema tersebut, lanjut Firman, Cadisdik Wilayah VII Jabar berkolaborasi dengan radio streaming yang dikelola oleh Disdik Jabar, yaitu Phi Radio. Kolaborasi juga dilakukan dengan MKKS SMA, SMK SLB di Cadisdik Wilayah VII Jabar serta Forum Wakasek Kesiswaan.

"Selain itu, kolaborasi dilakukan dengan komunitas-komunitas siswa, seperti Forum OSIS, Forum Sadar hukum, Pramuka, Paskibra, dan forum siswa lainnya. Ada juga FKSS (Forum Kepala Sekolah Swasta) SMA di Kota Bandung," terang Firman.

Agar implementasi Gerakan 7 Harkat semakin luas, lanjut Firman, pihaknya juga mengemas kegiatan dengan judul Salam Sapa Tujuh Harkat yang dilaksanakan pada 7 titik sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8243 seconds (0.1#10.140)