BPIP Apresiasi Pembumian Pancasila Pelajar SMA/SMK/SLB di Jabar

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 07:00 WIB
loading...
BPIP Apresiasi Pembumian Pancasila Pelajar SMA/SMK/SLB di Jabar
Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP RI, Dr Baby Siti Salamah didampingi Kadisdik Jabar, Dedi Supandi mengapresiasi praktik pembumian Pancasila di Jabar. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Komitmen Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat dalam membumikan ideologi Pancasila di kalangan pelajar menuai apresiasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Apresiasi disampaikan langsung Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP RI, Dr Baby Siti Salamah dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pengajar Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila di Mercure Hotel, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Jumat (21/10/2022).



Bahkan, Baby menilai, implementasi praktik pembumian ideologi Pancasila yang konsisten diterapkan di kalangan pelajar SMA/SMK/SLB di Jabar patut dicontoh oleh provinsi lainnya di seluruh Indonesia di tengah ancaman budaya luar yang mengancam ideologi Pancasila.

"Sangat bisa jadi pilot project karena itu mesti dielaborasi dan di-endorse ke daerah-daerah lain agar meniru yang bagus," kata Baby. Baca juga: Wakil Ketua MPR Berharap Asosiasi Konten Kreator untuk Nusantara Perkuat Pancasila

Baby menyebut, upaya Disdik Jabar yang menerapkan penggunaan pakaian adat di kalangan pelajar SMA/SMK/SLB patut diacungi jempol. Menurutnya, upaya tersebut menjadi salah satu perwujudan nilai-nilai Pancasila.

Oleh karena itu, dalam diklat, pihaknya juga menegaskan kepada para tenaga pengajar untuk mengenakan pakaian adat minimal sekali dalam sepekan, termasuk membiasakan memakai salam-salam di daerahnya masing-masing, semisal salam sampurasun di Jabar.

"Kalau gak kita yang membanggakan terus siapa? Lama-lama budaya kita tuh punah loh," ujarnya.

Tidak hanya itu, Baby pun mengapresiasi penyelenggaraan Festival Mustikarasa oleh Disdik Jabar. Melalui festival tersebut, para pelajar dikenalkan sejak dini dengan beragam menu masakan khas Indonesia yang dapat menambah kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seperti diketahui, Mustikarasa merupakan buku kumpulan resep masakan dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke di Indonesia. Buku tersebut lahir atas gagasan Proklamator Republik Indonesia IR Soekarno dan buku yang diterbitkan tahun 1967 oleh Departemen Pertanian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1924 seconds (11.252#12.26)