Bangun Karakter Siswa, Program PINTAR Tanoto Foundation Ubah Pendidikan Secara Mendasar

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 00:55 WIB
loading...
Bangun Karakter Siswa, Program PINTAR Tanoto Foundation Ubah Pendidikan Secara Mendasar
Siswa berkebutuhan khusus SDN 131/IV Kota Jambi tengah mengikuti kegiatan belajar. Foto: Hasan/SINDOnews
A A A
JAMBI - Metode pembelajaran aktif yang dikembangkan Tanoto Foundation (TF), melalui Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR), mulai membuahkan hasil disejumlah sekolah mitra.

Hal ini tampak dari adanya perubahan mendasar pada sistem pengajaran di sekolah, dari yang tadinya memakai pola pengajaran tradisional menjadi modern berbasis penguatan karakter siswa dan keterlibatan masyarakat.

Seperti yang terlihat di SDN 61/X Talang Babat, SDN 131/IV Kota Jambi, di Jalan A Chatib, RT14, Pematang Sulur, Telanai Pura, dan SMPN 17 Tanjung Jabung Timur, di Jalan Letnan Muda Suparjo, Muara Sabak.



Menurut Kepala Sekolah SDN 61/X Talang Babat, Sulasteri, sejak menggunakan metode belajar aktif dari Program PINTAR, cara mengajar guru menjadi lebih terarah dan kemajuan belajar siswa berkembang lebih pesat.

Pola pengajaran satu arah yang selama ini dipakai pun mulai ditinggalkan, menjadi aktif dua arah. Para siswa juga mulai dikenalkan dengan praktik pembelajaran, baik dalam kelompok kecil maupun secara mandiri.

Kursi dan meja belajar pun diubah sedemikian rupa, menyerupai kelompok diskusi yang terdiri dari 5 hingga 6 orang siswa. Melalui pola belajar seperti ini, para siswa menjadi lebih aktif dalam berinteraksi satu sama lain.



Tidak hanya itu, mereka juga menjadi lebih berani dan percaya diri dalam mengutarakan gagasan di kelas. Ruang kelas yang sebelumnya beku pun berubah menjadi cair. Perlahan namun pasti, karakter siswa pun terbentuk.

"Sejak mengikuti Program PINTAR, perubahan mendasar terjadi pada cara mengajar guru dari yang semula banyak ceramah, kini tidak ada lagi. Semua menjadi aktif dua arah," katanya, kepada SINDOnews, Kamis (20/10/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)