128 Guru SD dan SMP di Jambi Mengikuti Program PINTAR Merdeka Belajar

Rabu, 19 Oktober 2022 - 00:03 WIB
loading...
128 Guru SD dan SMP di Jambi Mengikuti Program PINTAR Merdeka Belajar
Kepala Dinas Pendidikan Kabuaten Tanjung Jabung Timur, Muhamad Eduard. Foto: Hasan/SINDOnews
A A A
TANJUNG JABUNG TIMUR - Sebanyak 128 guru dan Kepala Sekolah SD SMP, di Jambi, mengikuti program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) Tanoto Foundation (TF) dalam penerapan kurikulum merdeka belajar.

Melalui program ini, para guru diajarkan cara membuat terobosan dalam mengajar di dalam kelas terhadap siswa.

Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi, Medi Yusva mengatakan, ratusan guru tersebut akan menjadi fasilitator daerah (fasda) yang tersebar di empat kabupaten di wilayah Provinsi Jambi.



"Totalnya di Jambi yang mengikuti Program PINTAR TF ada 4 kabupaten, terdiri dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, dan Tebo," katanya, kepada SINDOnews, Selasa (18/10/2022).

Selain 4 kabupaten itu, masih ada dua kabupaten lain di Jambi yang mengikuti program pendampingan TF, seperti Kabupaten Sarolangun untuk program desiminasi PINTAR dan Muaro Jambi untuk Program PINTAR penggerak.

Selanjutnya, di masing-masing kabupaten ini terdapat 32 fasda yang bertugas menjalankan Program PINTAR.

Melalui program itu, para guru tidak lagi bertindak sebagai tenaga administratif dalam mengajar. Tetapi juga sebagai agen perubahan yang memiliki perencanaan dalam melakukan pengajaran terhadap siswa.



"Aspek-aspek administratif ini harus dikurangi. Seperti pola pengajaran guru di depan kelas, dan murid menghadap guru semua, di situ tidak ada interaksi dengan murid. Jadi, kita ingin memerdekakan cara guru mengajar," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)