Insiden Penusukan Warnai Pilkades Serentaak di Ogan Ilir

Senin, 17 Oktober 2022 - 11:19 WIB
loading...
Insiden Penusukan Warnai Pilkades Serentaak di Ogan Ilir
Insiden penusukan mewarnai Pilkades Serentak di Ogan Ilir. (Ist)
A A A
OGAN ILIR - Terjadi kericuhan saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Kelampaian, Kecamatan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Sumsel). Keributan terjadi antar pendukung calon Kades nomor urut 1 Deni Iriansyah dengan pendukung calon Kades nomor urut 2, Ihsan.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman mengatakan, bahwa tidak hanya kerusakan pada kotak suara, dalam kericuhan Pilkades tersebut juga terdapat insiden penusukan terhadap seorang pendukung calon Kades yang menang.

"Insiden kericuhan berawal saat calon Kades nomor urut 2 kalah dalam penghitungan suara. Sebagai pelampiasannya, kotak suara dihancurkan menggunakan senjata tajam jenis parang," ujar Andi Baso, Senin (17/10/2022).

Tak hanya itu, lanjut Kapolres, calon Kades 1 Deni Iriansyah mengalami luka tusuk di bahu sebelah kiri dan langsung dibawa ke Bidan desa setempat. Sehingga, Pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kecamatan Rantau Alai untuk Desa Kelampaian terpaksa ditunda

"Aksi penusukan juga terjadi antar sesama panitia Pilkades di Desa Serijabo, Kecamatan Sungai Pinang. Insiden di daerah ini terjadi karena dendam pribadi antara pelaku dengan korban. Korban pun mengalami luka tusuk di bagian perut, namun kini kondisinya sudah pulih," jelasnya.

Baca: Banjir Bandang Terjang Jembrana Bali, 1 Orang Hilang.

Meski terdapat dua insiden tersebut, Andi Baso memastikan situasi di kedua desa tersebut kini telah kondusif. Bahkan, pelaku penusukan di Pilkades Desa Serijabo telah diamankan Polsek Tanjung Raja untuk diproses.

Baca Juga: Diterjang Bajir Bandang, Jalur Denpasar-Gilimanuk Lumpuh Total.

"Penusukan di Serijabo itu motifnya dendam pribadi. Tapi kebetulan kejadiannya saat Pilkades. Kalau di Kelampaian akan diproses bila ada atau masuk laporan korban maupun pihak yang dirugikan," jelasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1884 seconds (11.97#12.26)