4 Orang Positif Corona, Pasar Stasiun Cimindi Tutup Tiga Hari

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:32 WIB
loading...
4 Orang Positif Corona, Pasar Stasiun Cimindi Tutup Tiga Hari
Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Pandemi COVID-19 Kecamatan Andir memasang spanduk penutupan Pasar Stasiun Cimindi. Foto/Gugus Tugas Kecamatan Andir
A A A
BANDUNG - Pemkot Bandung memutuskan menutup Pasar Stasiun Cimindi, Jalan Cimindi, Kecamatan Andir, Kota Bandung lantaran empat orang di pasar tersebut terkonfirmasi positif terpapar virus Corona (COVID-19).

Pasar yang berada di perbatasan dengan Kota Bandung dan Cimahi tersebut ditutup selama tiga hari mulai Senin 6 Juli hingga 9 Juli 2020. Pasar akan kembali dibuka pada Kamis 9 Juli 2020.

Sebelum pasar ditutup sementara pasar pada 6 Juli 2020, aktivitas ekonomi di pasar masih berjalan normal pada Minggu (5/7/2020). Namun, para pedagang dan pembeli diminta menerapkan protokol kesehatan.

Sebelum pasar ditutup, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menyemprotkan cairan disinfektan di Pasar Cimindi tersebut, Senin(6/7/2020). Namun Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Andir telah melakukan penyemprotan disinfektan pada Minggu (5/7/2020).

4 Orang Positif Corona, Pasar Stasiun Cimindi Tutup Tiga Hari

Penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Stasiun Cimindi. Foto/Gugus Tugas Kecamatan Andir

Kabid Kesiapsiagaan Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Yusuf Hidayat mengatakan, penyemprotan itu dilakukan di semua fasilitas, sarana dan prasarana Pasar Cimindi.

"Untuk penyemprotan disinfektan Pasar Cimindi kami berkoordinasi dengan UPT Barat Diskar PB," kata Yusuf kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).

Terkait penutupan, Yusuf mengemukakan, selama pasar ditutup tiga hari, tidak boleh ada yang melakukan aktivitas apapun di dalam pasar tersebut.

Sementara itu, Koordinator Pedagang Pasar Cimindi Muhammad Ramdan menuturkan, empat pedagang diketahui positif COVID-19 setelah pengelola pasar melakukan random sampling rapid test terhadap 100 orang pedagang dan pekerja.

Hasil rapid test, 15 orang reaktif. Kemudian ditindaklanjuti dengan swab test PCR. "Ada empat yang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Ramdan.

Empat orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu, ujar Ramdan, terdiri atas satu pedagang, satu juru parkir, satu pekerja, dan satu asisten pedagang.

"Dua orang masuk (tinggal di) Kota Cimahi. Kemudian ada yang ber-KTP Majalaya (Kabupaten Bandung). Kemudian yang satu lagi warga Kelurahan Campaka," ujar Ramdan.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0178 seconds (0.1#10.140)