Ada 3 Hal Penting Terkait Paylater yang Wajib Anda Pahami dengan Baik

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:38 WIB
loading...
A A A
Menerapkan bunga yang cukup kecil
Bunga pembelanjaan merupakan salah satu pertimbangan ketika belanja menggunakan sistem cicilan. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab paylater masih menerapkan bunga yang terbilang cukup kecil. Meski beragam, rata-rata bunga paylater ini hanya sebesar 2,25% - 4,80% saja. Ini tentu bunga yang masih bersahabat dan tetap bisa membuat pembelanjaan berjalan mudah dan lancar.

Menawarkan banyak promo
Sejak kemunculannya beberapa waktu lalu, paylater memang begitu rajin menawarkan promo kepada para penggunanya. Fasilitas pembayaran ini akan memungkinkan Anda menikmati beragam promo menguntungkan, seperti; gratis ongkos kirim, cashback, diskon, dan yang lainnya. Semua ini akan membuat pembelanjaan lebih hemat, bahkan jika dilakukan berulang kali dalam sebulan.

3. Memiliki resiko tersendiri bagi penggunanya
Sama dengan fasilitas pembayaran lainnya, paylater juga tentu memiliki risiko tersendiri. Sebagai calon pengguna paylater, Anda harus memahami dan bisa mengelola berbagai risiko ini dengan baik sejak awal. Hal ini penting dan akan membuat penggunaan fasilitas pembayaran ini jadi lebih maksimal.

Berikut ini adalah beberapa risiko penggunaan paylater yang perlu dipahami dengan baik:

Terjebak utang
Penggunaan fasilitas cicilan ketika berbelanja terbilang beresiko dan bisa saja menimbulkan masalah di dalam keuangan. Pembayaran cicilan yang tidak tepat waktu, akan membuat nilai utang semakin besar dan sulit untuk dilunasi. Hal ini karena adanya penerapan denda dan biaya lainnya ketika terjadi keterlambatan pembayaran. Selain itu, kebiasaan berutang seperti ini juga tidak akan sehat untuk kondisi keuangan.

Risiko keamanan data
Pengajuan dan penggunaan paylater akan dilakukan secara online. Hal ini terbilang beresiko untuk keamanan data Anda, sebab di dalam prakteknya akan dibutuhkan data diri dan juga dokumen penting untuk proses pengajuan tersebut.

Resiko kebocoran dan juga penyalahgunaan data sangat mungkin terjadi, sebab tidak seorangpun bisa menjamin keamanan data di internet. Jadikan hal ini sebagai salah satu pertimbangan ketika akan mengajukan paylater.

Pahami dan Gunakan Fasilitas Paylater dengan Bijak
Paylater menjadi salah satu alat pembayaran yang paling populer dan banyak diminati belakangan ini. Selain keuntungan, fasilitas pembayaran ini juga tentu memiliki risiko tersendiri. Pastikan Anda memahami dan bisa menggunakan paylater ini dengan bijak, agar fasilitas tersebut dapat memberikan manfaat maksimal di dalam penggunaannya.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)