Garut Diguyur Hujan dan Angin Kencang, Pohon di 2 Tempat Tumbang ke Tengah Jalan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 06:31 WIB
loading...
Garut Diguyur Hujan dan Angin Kencang, Pohon di 2 Tempat Tumbang ke Tengah Jalan
Lokasi pohon tumbang di Jalan Raya Karangpawitan, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut tampak lengang dan dapat dilintasi kendaraan kembali, usai petugas mengevakuasi batang pohon yang tumbang. Foto SINDOnews
A A A
GARUT - Peristiwa pohon tumbang dilaporkan terjadi pada dua wilayah Kabupaten Garut, Senin (3/10/2022). Peristiwa ini terjadi menyusul hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Garut sejak siang hingga sore hari.

Pohon tumbang ini berada di dua tempat berbeda, yakni Kecamatan Karangpawitan dan Limbangan. Di Kecamatan Karangpawitan, satu batang pohon secara tiba-tiba roboh dan menutupi jalan raya.

"Kejadian tepatnya di depan Gedung PGRI Karangpawitan dan Korwil Pendidikan Kecamatan Karangpawitan," kata Kapolsek Karangpawitan, Kompol Saifuddin Hamzah.

Ia memastikan pohon tumbang di wilayahnya itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hal yang sama disampaikan Korwil Pendidikan Kecamatan Karangpawitan, Aam Hardiman.

Menurut Aam, pohon tumbang di dekat kantornya itu terjadi pada pukul 19.10 WIB. Dampak dari peristiwa tersebut, lanjutnya, adalah kemacetan pada dua arah, yakni arah Karangpawitan menuju perkotaan Garut dan sebaliknya.



"Karena pohon benar-benar melintang di tengah jalan, sehingga terjadi macet parah. Perlu disampaikan bahwa sempat beredar video yang menyebut kejadian di sini memakan korban sebanyak delapan jiwa, itu hoax karena tidak ada korban dan saat tumbang kondisi jalan sedang kosong tak ada kendaraan," ucap Aam.

Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, kata Aam, mengerahkan 1 unit mobil pemadam untuk mengevakuasi batang pohon yang melintang. "Kurang lebih setengah jam proses evakuasi berlangsung hingga jalan dapat kembali dilintasi," ujarnya. Baca juga: 1 Tewas dan 2 Terluka, Ini Daftar Korban Pohon Tumbang di Jalur Malang-Kediri

Di Kecamatan Limbangan, peristiwa pohon tumbang terjadi sekira pukul 20.00 WIB. Kapolsek Limbangan AKBP Uus Susilo mengatakan, pohon tumbang di wilayah itu terjadi di depan Rumah Makan Cibiuk, Desa Cigagade, Kecamatan Limbangan. "Pohon tumbang di Limbangan menutupi sebagian jalan," kata AKBP Uus Susilo.

Sama seperti di Karangpawitan, batang pohon yang menutupi badan jalan di Limbangan juga berhasil dievakuasi setelah Disdamkar Garut mengerahkan 1 mobil pemadam ke lokasi. Personel Damkar yang diterjunkan untuk mengevakuasi batang pohon tumbang di wilayah Limbangan berjumlah 4 personel.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)