Jembatan Sikatak Jadi Ikon Baru Kampus Undip Semarang

Jum'at, 03 Juli 2020 - 15:15 WIB
loading...
Jembatan Sikatak Jadi Ikon Baru Kampus Undip Semarang
Jembatan Sikatak yang dibangun dengan anggaran APBN Rp22,2 miliar menjadi ikon baru kampus Undip Tembalang Semarang. FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Ada pemandangan baru di kampus Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang Semarang. Yakni keberadaan jembatan Sikatak yang mirip dengan jembatan Kalikuto, ikon tol Semarang-Batang di perbatasan Kendal-Batang.

Jembatan yang menghabiskan dana APBN Rp22,2 miliar ini dibangun menghubungkan Jalan Prof. Soedharto dan jalan lingkar yang terputus oleh sungai Krengseng.

Pembangunan jembatan ini bertujuan mengakomodasi pergerakan arus lalu lintas dari jalan lingkar Undip menuju jalan Prof. Soedharto tanpa harus memutar arah atau memasuki kampus Undip.

(Baca juga: Anak Jokowi Maju Pilwalkot Solo, Bawaslu Tidak Terpengaruh )

Nama Sikatak didapat dari masyarakat sekitar yang menyebut sikethok (terpotong) yakni jalan yang terpotong oleh kali atau sungai Krengseng. Kini jalan itu tak lagi terpotong.

“Sekarang Undip sudah terhubung semua,” ungkap Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama saat meresmikan jembatan Sikatak, Jumat (3/7/2020).

(Baca juga: Patah Hati, Remaja Ini Nekat Lompat ke Jurang Sedalam 20 Meter )

Ia menyebutkan, jembatan Sikatak telah direncanakan pembangunannya sejak 2015, namun baru terealisasi di tahun 2019 hingga 2020 ini. “Saya menyampaikan terima kasih atas kerja sama semua pihak dalam mewujudkan jembatan ini,” ucapnya.

Adanya jembatan Sikatak diharapkan semakin memudahkan akses jalan bagi masyarakat sekitar. Masyarakat yang tinggal di jurang belimbing, Permata hijau,Sekip dan sekitarnya cukup lewat jalan lingkar tanpa harus memutar atau melewati pintu gerbang kampus. Pun demikian dengan skses menuju Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) kini menjadi lebih cepat dan lancar.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)