Inisiasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato, Bupati Nias Barat Boyong Penghargaan KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 01:13 WIB
loading...
Inisiasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato, Bupati Nias Barat Boyong Penghargaan KDI 2022
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu memboyong penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori kesehatan berkat inovasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato.
A A A
SEMARANG - Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu memboyong penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori kesehatan berkat inovasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato. Penghargaan ini diterima langsung pada malam puncak KDI 2022 di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).

Inovasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato merupakan bentuk nyata dari upaya Pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahan, terutama dalam hal layanan kesehatan.

Seperti diketahui, kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan hingga pembangunan ekonomi. Bahkan, Indeks Pembangunan Manusia menempatkan kesehatan sebagai salah satu komponen utama pengukuran, selain pendidikan dan pendapatan.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Nias Barat berupaya untuk terus hadir bagi masyarakat, khususnya dalam pemerataan akses pelayanan kesehatan. Menurut Bupati Khenoki, ambulans yang berjaga selama 24 jam ini dilengkapi dengan peralatan medis yang mumpuni.
Inisiasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato, Bupati Nias Barat Boyong Penghargaan KDI 2022

Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato. (Foto: dok Pemkab Nias Barat)

Sesuai dengan namanya, ‘Soguna Ba Zato’ yang berarti berguna bagi banyak orang, maka diharapkan fasilitas ini dapat benar-benar memberikan keberpihakan kepada masyarakat umum. Maka dari itu, layanan yang diberikan ambulans ini kepada masyarakat pun gratis.

Penyediaan ambulans gratis ini mulanya dilatarbelakangi oleh keprihatinan Bupati Khenoki terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat Nias Barat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, tetapi terkendala dengan biaya.

Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Kesehatan pun meluncurkan Kontak Darurat (Emergency Call) yang terhubung kepada puskesmas di berbagai daerah hingga pihak rumah sakit pratama. Hal ini tentunya agar masyarakat dapat memiliki akses yang sangat mudah ketika membutuhkan pertolongan dalam situasi darurat.

Atas prestasi tersebut, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, serta kepala daerah yang meraih penghargaan KDI 2022.

“Kita menghadapi kenyataan bahwa begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” katanya pada malam puncak KDI 2022 di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).
Inisiasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato, Bupati Nias Barat Boyong Penghargaan KDI 2022

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu berpose bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurnpara, serta kepala daerah lainnya usai menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ 2022. (Portal/Koran)

Bupati Nias Barat menegaskan, penghargaan tersebut ditujukan untuk semua pihak yang telah berkontribusi dalam realisasi Ambulance Gratis 24 Jam Soguna Ba Zato.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)